Jakarta (ANTARA) - Anggota KPU DKI Jakarta Nelvia Gustina menyebut persiapan logistik Pemilu 2024 sudah mencapai 70 persen meliputi bilik, kotak, dan tinta.

"Sejauh ini sudah hampir 70 persen," katanya ketika ditemui awak media di Jakarta, Jumat, setelah  konferensi pers terkait penetapan Daftar Calon Tetap (DCT) anggota DPRD dan DPD DKI Jakarta.

Dia menambahkan untuk kebutuhan berupa segel masih dipersiapkan dan akan menyusul.

"Distribusi logistik untuk tahap satu sudah kita laksanakan sejak tanggal 28 Oktober lalu, tepat pada peringatan Sumpah Pemuda," ujarnya menjelaskan.

Dia mengatakan per hari Jumat, kebutuhan logistik berupa bilik, kotak suara, dan tinta bagi Jakarta Timur dan Kepulauan Seribu sudah dipenuhi.

Pada hari Jumat pengiriman logistik ke Jakarta Selatan, kemudian ke Jakarta Barat pada Sabtu. Sedangkan logistik untuk Jakarta Utara dan Jakarta Selatan penyaluran sejak Kamis, jelas Nelvia.

"Mudah-mudahan dalam dua hari ini selesai. Itu untuk bilik, kotak, dan tinta," katanya.

Dia mengatakan bahwa dibutuhkan lebih dari 120 ribuan kotak suara dan bilik untuk 30.766 TPS di Ibu Kota

Nelvia mengatakan tidak ada halangan yang signifikan ketika ditanya awak media tentang tantangan yang dihadapi dalam penyelenggaraan logistik.

"Alhamdulillah tidak ya, kalau untuk kita ya. Karena sudah pasti sesuai dengan timeline kita," Nelvia.

Dia berharap sebelum 8 atau 10 November seluruh kebutuhan logistik Pemilu 2024 di DKI bisa terpenuhi.

Nelvia berharap pada Pemilu nanti, kebutuhan logistik bisa dipenuhi sesuai konsep 5 T, yaitu tepat sasaran, tepat jumlah, tepat kualitas, kemudian tepat waktu. Dengan demikian, tambahnya, pemilu bisa dilaksanakan secara baik agar sukses.

KPU DKI Jakarta mengatakan  pada tanggal 10 November, surat suara untuk pemilihan DPR, DPRD, dan DPD dicetak. Sedangkan pencetakan surat suara pemilihan presiden dilakukan setelah penetapan daftar pasangan calon tetap pada 13 November.
Baca juga: KPU DKI jadwalkan dialog interaktif ke kampus mulai minggu kedua
Baca juga: KPU DKI lakukan mitigasi konflik di medsos jelang Pemilu 2024
Baca juga: Distribusi awal logistik pemilu di DKI ditargetkan tepat waktu

Pewarta: Mecca Yumna Ning Prisie
Editor: Ganet Dirgantara
COPYRIGHT © ANTARA 2023