Rio De Janeiro (ANTARA News) - Peluang Ketua FIFA Sepp Blatter untuk tetap bertahan di kantornya setelah tahun 2015 meningkat secara dramatis setelah Sekjen FIFA Jerome Valcke mengimbau agar ia tetap menempati kursinya itu.

Valcke ditanya apakah ia bersedia menjabat sebagai ketua FIFA, tapi ia tertawa dengan mengatakan ia merupakan panitia Piala Dunia, tapi ia melanjutkan agar Blatter jangan mengubah pikirannya untuk mundur dari jabatannya.

"Mengapa harus mengubah tim pemenang, tim yang bagus?," kata Valcke dalam temu pers.

"Ketua yang sekarang amat bagus dan mengapa ia harus tidak meneruskan jabatannya? Mengapa ia harus tidak tetap sebagai presiden FIFA seperti apa yang dilakoninya sekarang?" katanya.

Tokoh berusia 77 tahun dari Swiss itu sudah menjabat sebagai ketua FIFA sejak 1998 dan masih tetap mendapat mandat empat tahun pada 2011, dan ia mengataka akan meninggalkan posnya itu pada akhir kepemimpinannya.

Tapi pada Januari lalu ia untuk pertama kali memberikan sinyal bahwa ia akan tetap bertahan dan pengumuman Valcke di depan publik pada jumpa pers Piala Konfederasi itu menguatkan indikasi bahwa ia masih ingin bertahan.

Saingan beratnya untuk melanjutkan kiprah sebagai orang nomor satu di badan sepak bola dunia itu, adalah ketua UEFA Michel Platini, tetapi warga Prancis itu tidak menyebutkan rencana masa depannya dan belum pernah menyatakan apakah ia ingin menjadi pengganti Blatter. (A008/A011)

Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2013