Depok, Jabar (ANTARA News) - Pemerintah Kota Depok menerima Piagam Penghargaan dalam rangka peringatan Hari Lingkungan Hidup sedunia Tingkat Provinsi Jawa Barat. Kota Depok meraih penghargaan sebagai Kota Penyusun Kajian Lingkungan Hidup (KLH) terbaik se-Jawa Barat.

"Penghargaan tentunya dapat memicu semangat seluruh warga Depok untuk terus merubah perilaku untuk lebih peduli lagi terhadap lingkungan," kata Wakil Wali Kota Depok Idris Abdul Shomad di Depok, Jawa Barat, Rabu.

Menurut dia penyusunan kajian lingkungan hidup merupakan langkah awal untuk bertindak menyelematkan lingkungan sesuai dengan tahapan-tahapan yang telah ditentukan. "Lingkungan yang bersih diperlukan untuk generasi mendatang, kita harus memulainya dari sekarang,` ujarnya.

Sementara itu Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan mengajak masyarakat untuk merubah prilaku dan juga pola konsumsi untuk selamatkan lingkungan, karena air adalah kehidupan. "Selamatkan air dengan selamatkan hutan, danau, dan lingkungan, serta seimbangkan lingkungan hidup sekitar kita," ujarnya.

Dikatakannya orang elit sering membicarakan tentang masalah krisis energi. Padahal, krisis yang berbahaya bukanlah energi, tetapi air. Manusia tidak bisa bertahan hidup tanpa air. Begitu juga dengan pangan.

"Air adalah hal utama dan pangan adalah yang kedua yang dapat membuat manusia bertahan," katanya.

Pewarta: Feru Lantara
Editor: Unggul Tri Ratomo
COPYRIGHT © ANTARA 2013