Kupang (ANTARA News) - Harga sejumlah kebutuhan pokok di beberapa pasar tradisional di Kupang, Nusa Tenggara Timur mulai meroket dengan harga jual berkisar antara Rp5.000 hingga Rp20 ribu per item barang.

"Kenaikan harga barang di pasar ini sudah terjadi beberapa hari ini," kata Mercy Neolaka (45), seorang pembeli, di Pasar Kasih Naikoten I Kupang, Kamis.

Dia mengatakan, kenaikan harga sejumlah kebutuhan pokok itu terjadi akibat dari kebijakan pemerintah yang akan menaikkan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) yang segera diumumkan pemerintah.

Dia mengatakan, harga telur ayam naik Rp5.000/papan menjadi Rp42 ribu/papan dari harga jual sebelumnya Rp37 ribu/papan.  Demikian juga tomat, cabai merah keriting, cabe rawit dan bawang putih, sampai beras.

Mercy berharap pemerintah mengatasi kenaikan harga kebutuhan pokok ini karena akan menyusahkan masyarakat miskin.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Nusa Tenggara Timur, Fredi Tielman, menyatakan mengaku segera menggelar operasi pasar untuk menekan kenaikan harga di pasaran.

Dia mengatakan, operasi pasar itu akan dimanfaatkan masyarakat untuk bisa memenuhi kebutuhan hidup setiap hari dengan harga distributor, sehingga tidak menggangu tingkat konsumsi rumah tangga.

Pewarta: Yohanes Adrianus
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2013