Shanghai (ANTARA) - China akan terus meningkatkan pemanfaatan modal asing dan menjadikan negara ini sebagai pusat investasi jangka panjang, kata Menteri Perdagangan China Wang Wentao di Shanghai pada Minggu (5/11).

Hal itu disampaikan Wang dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) "Tahun Berinvestasi di China" (Invest in China Year) dan Promosi Kota Shanghai, yang merupakan acara penting dalam gelaran Pameran Impor Internasional China (CIIE) keenam.

Wang mengatakan bahwa China akan secara rasional mengurangi daftar negatif untuk investasi asing, sepenuhnya menghapus pembatasan akses investasi asing di sektor manufaktur, dan memperluas keterbukaan industri jasa modern.

China juga akan mendukung zona-zona perdagangan bebas (free trade zone/FTZ) percontohan yang memenuhi syarat dan Pelabuhan Perdagangan Bebas Hainan agar selaras dengan aturan internasional, seperti Perjanjian Komprehensif dan Progresif untuk Kemitraan Trans-Pasifik serta Perjanjian Kemitraan Ekonomi Digital.

Dalam KTT tersebut, serangkaian pertemuan juga diselenggarakan untuk menanggapi kekhawatiran perusahaan.

Sejak diluncurkannya "Invest in China Year", hampir 20 kegiatan promosi investasi utama telah digelar, dan pemerintah-pemerintah daerah di China telah mengadakan lebih dari 500 acara pendukung.

Pewarta: Xinhua
Editor: Yuni Arisandy Sinaga
COPYRIGHT © ANTARA 2023