Jakarta (ANTARA News) - Ketua DPR RI, Marzuki Alie mensinyalir kenaikan harga kebutuhan pokok yang mencapai 10-25 persen adalah ulah dari pedagang besar.

"Beberapa hari ini saya terima banyak SMS, twitter, Facebook dari masyarakat yang mengeluh harga-harga kebutuhan pokok naik," kata Marzuki Alie saat melakukan kunjungan ke Pasar Jaya, Palmerah, Jakarta Barat, Jumat.

"Yang menaikkan harga itu umumnya para pedagang besar. Mereka tidak punya hati nurani, tidak punya empati sosial, mengambil keuntungan saat orang susah," kata Marzuki Alie.

Oleh karenanya, ia meminta pemerintah melakukan pengawasan dengan memanggil para pengusaha besar khususnya yang memperdagangkan kebutuhan pokok sehari-hari.

"Karena sudah jelas, para pedagang itu kan terbatas. Yang mainkan harga adalah pedagang besar. Itu menyusahkan rakyat. Tadi saya dengar langsung dari pedagang kenaikan harga sudah dari sananya, ya itu, dari pedagang besar," kata Marzuki.

Tak hanya berakibat kepada masyarakat, pedagang juga merasa dirugikan dengan tingganya harga karena barang dagangannya tidak laku.

"Mereka (pedagang kecil) ambil keuntungan biasa. Mereka terpaksa menurunkan harga supaya pembeli datang. Saya harapkan pemerintah untuk mengantisipasi, merespon kenaikan harga manakala ada kenaikan BBM, kenaikan gaji. Karena dampaknya pada rakyat kecil," kata politisi Partai Demokrat itu.

Pewarta: Zul Sikumbang
Editor: Unggul Tri Ratomo
COPYRIGHT © ANTARA 2013