Jakarta (ANTARA News) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akan melakukan revitalisasi terhadap lima pasar yang tersebar di empat wilayah ibukota.

"Revitalisasi lima pasar di Jakarta akan kita mulai tahun ini dan diusahakan rampung pada tahun ini juga. Desainnya sudah ada, tinggal pelaksanaannya saja," kata Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama di Balai Kota, Jakarta Pusat, Jumat.

Basuki menuturkan lima pasar yang akan direvitalisasi itu, antara lain Pasar Kebon Bawang di Jakarta Utara, Pasar Kampung Duri di Jakarta Barat, Pasar Nangka Bungur di Jakarta Pusat serta Pasar Manggis dan Pasar Pesanggrahan di Jakarta Selatan.

"Rencananya, kelima pasar tersebut akan direvitalisasi menjadi sebuah pasar tradisional terpadu. Revitalisasi ini kita lakukan dengan koordinasi bersama PD Pasar Jaya," ujar Basuki.

Basuki menerangkan yang dimaksud dengan pasar tradisional terpadu, yaitu pasar tersebut juga akan dilengkapi dengan rumah susun sederhana sewa (rusunawa), puskesmas dan ruang pertemuan.

"Kita targetkan revitalisasi ini rampung pada akhir tahun ini, sehingga pasar-pasar tersebut dapat segera dinikmati oleh seluruh warga masyarakat," ungkap Basuki.

Selain melakukan revitalisasi terhadap kelima pasar tersebut, Basuki juga mengaku telah menginstruksikan PD Pasar Jaya untuk melakukan peremajaan Pasar Blora di Jakarta Pusat.

Menurut Basuki, kondisi gedung pasar tersebut sudah lapuk dan sudah tidak dapat difungsikan lagi sebagai pasar, sehingga harus segera diperbaiki dan ditata ulang.
(R027/B012)

Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2013