JAKARTA (ANTARA) - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) RI menerima penyaluran bantuan kemanusiaan untuk Palestina sebesar Rp10 miliar dari Ustadz Adi Hidayat yang menggandeng Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Darat (AD).

Penyaluran donasi kemanusiaan Palestina diterima oleh Ketua Baznas RI Noor Achmad di Markas Besar (Mabes) TNI AD di Jakarta, Rabu.

"Kami sangat terharu dapat dipercaya untuk menyampaikan bantuan ini kepada saudara-saudara kita di Palestina. Terima kasih kepada Mabes TNI AD dan Ustadz Adi Hidayat yang telah berupaya bersama-sama membantu masyarakat di Gaza, Palestina," kata Noor Achmad dalam keterangan di Jakarta, Rabu.

Dia mengatakan bantuan kemanusiaan untuk rakyat Palestina dari masyarakat Indonesia dibutuhkan sebab rakyat Palestina masih menderita akibat serangan Israel yang terus berlangsung selama sebulan penuh.

"Bantuan kemanusiaan dari masyarakat Indonesia akan segera kami kirim ke Palestina mengingat saat ini situasi rakyat di sana yang sangat membutuhkan," ujarnya.

Noor mengungkapkan penyaluran bantuan kemanusiaan ke Palestina tidak mudah sebab gerbang masuk Palestina hanya melalui jalur Rafah di Mesir.

Baca juga: Kementerian Kesehatan siapkan bantuan alat medis untuk Palestina

"Karena situasi di sana yang belum kondusif, sehingga bantuan yang masuk melalui gerbang Rafah dilakukan secara hati-hati. Pemerintah Indonesia terus berkoordinasi agar bantuan dari masyarakat Indonesia bisa masuk," katanya.

Ustadz Adi Hidayat menyampaikan pihaknya ingin mewujudkan perhatian berupa sinergi pemerintah bersama masyarakat, TNI, dan Baznas RI.

"Bantuan ini merupakan sinergi antara Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Agus Subiyanto dan Sahabat-Sahabat Ustaz Adi Hidayat. Dari kami sebesar Rp10 miliar, dari barang-barangnya alhamdulillah dari Mabes TNI AD, yang kemudian kami serahkan melalui Baznas RI," ujarnya.

Ia mengucapkan terima kasih kepada Mabes TNI AD, Baznas RI dan seluruh masyarakat Indonesia terkait dengan penggalangan dana bantuan kemanusiaan itu.

Dia menyampaikan pesan kepada masyarakat Palestina bahwa Indonesia selalu mendukung Palestina untuk mendapatkan kedaulatan, seperti dilakukan Palestina dahulu terhadap kemerdekaan Indonesia.

Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Agus Subiyanto menegaskan pentingnya dukungan kemanusiaan dari masyarakat Indonesia untuk Palestina.

"Mudah-mudahan bantuan yang diberikan dapat bermanfaat. Bantuan ini terdiri atas makanan, minuman, pakaian, selimut, dimulai dari kebutuhan anak-anak, ibu-ibu, sampai bayi. Insyaallah akan kita kirim ke Palestina," ujarnya.

Baca juga: Lazismu terus galang donasi untuk Palestina
Baca juga: RI salurkan donasi dari pelaku usaha kosmetik untuk anak di Palestina
Baca juga: Panglima TNI nyatakan siap kirimkan kapal RS ke Gaza

Pewarta: Erlangga Bregas Prakoso
Editor: M. Hari Atmoko
COPYRIGHT © ANTARA 2023