Medan (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Sumatera Utara mengajak masyarakat untuk turut mensukseskan kegiatan Aquabike Jetski World Championship 2023 Danau Toba pada 22-26 November 2023 yang digelar di empat kabupaten yakni Samosir, Karo, Dairi, dan Toba.

Penjabat Gubernur Sumatera Utara Hassanudin, di Medan, Selasa, mengatakan keberhasilan balap air internasional itu tidak lepas dari peran masyarakat karena akan berdampak kepada perekonomian daerah tersebut.

"Ayo sama-sama kita sukseskan ajang ini, agar ajang balap berskala internasional ini berdampak besar pada Sumut," ujar Hassanudin.

Menurutnya, Aquabike Jetski World Championship 2023 Danau Toba juga dapat membantu pemerintah semakin mengenalkan pariwisata Sumut.

"Kesuksesan akan membuat Sumut semakin dikenal dan akan berdampak ke masyarakat bila semakin banyak pengunjung yang datang ke Danau Toba," kata Hassanudin

Untuk itu, ia meminta seluruh pemerintah kabupaten yang menjadi tempat digelarnya kejuaraan ini agar mempersiapkan dan memperhatikan secara detail segala hal yang menjadi kebutuhan ajang balap air tersebut.

"Perhatikan setiap detail persiapan kita, memang sampai saat ini kendala yang kita hadapi bukan hal yang krusial, namun kita tidak ingin ajang internasional ini ada kendala saat berlangsung nanti," sebutnya.

Sementara itu, Pengamat ekonomi dari Universitas Islam Sumatera Utara (UISU) Gunawan Benjamin mengatakan, kejuaraan dunia Aquabike Jetski World Championship 2023 dapat meningkatkan wisatawan lokal maupun mancanegara.

"Even besar yang diselenggarakan di sekitar wilayah Danau Toba akan menaikkan tingkat kunjungan wisatawan," ujar Gunawan.

Untuk itu, ia berharap ajang internasional ini harus memberikan pelayanan yang terbaik kepada wisatawan yang datang seperti memberikan fasilitas khusus angkutan antar jemput gratis dari lokasi balapan ke penginapan.

"Sehingga mereka bisa lebih banyak menjelajah wilayah Danau Toba dan sekitarnya lebih luas lagi," katanya.

Baca juga: Aquabike Jetski World Championship dimeriahkan pesta rakyat
Baca juga: Kejuaraan Dunia Jetski Danau Toba diikuti 118 pembalap dari 22 negara

Pewarta: Anggi Luthfi Panggabean
Editor: Junaydi Suswanto
COPYRIGHT © ANTARA 2023