Jakarta (ANTARA) - Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengajak semua warga Jakarta untuk ikut berperan aktif memelihara kedamaian dan keamanan selama pelaksanaan Pemilu 2024.
 
"Para tokoh masyarakat dan pemuka agama dapat memberikan kontribusi positif dalam menyelesaikan perbedaan pendapat yang mungkin muncul selama proses kampanye dan pelaksanaan Pemilu" kata Heru di Gedung Balai Pertemuan Metro Jaya (BPMJ), Jakarta Selatan, Senin.

Heru menyebut keamanan Jakarta saat Pemilu 2024 perlu dijaga karena posisi Jakarta sebagai barometer politik, ekonomi, sosial, pertahanan, dan keamanan di Indonesia. Sehingga, Jakarta memiliki tanggung jawab besar dalam menjaga integritas pemilu saat kerawanan Pemilu 2024 mulai terlihat.

Apalagi, kata Heru Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) juga telah menetapkan Jakarta sebagai daerah paling rawan gangguan. Pemprov DKI terus berupaya melakukan tindakan mitigasi dan deteksi dini untuk mencegah potensi kerawanan agar tidak meluas dan mengganggu stabilitas.​​​​​​​

Heru optimis Pemprov DKI Jakarta mampu mengawal proses pelaksanaan pemilu dengan baik sehingga dapat menjadi barometer demokrasi nasional yang sehat dan matang.
 
"Kita buktikan bahwa pelaksanaan Pemilu di Jakarta berlangsung damai, aman, berkualitas, dan bermartabat, dengan kerja keras, keikhlasan, dan doa. Saya yakin Pemilu 2024 di Jakarta akan berjalan dengan sukses, aman, adil, dan damai," ujar Heru.
 
Heru berkumpul bersama seluruh jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) DKI Jakarta dan tokoh masyarakat sebagai upaya menjaga iklim kondusif menjelang Pemilu 2024.
 
"Ini upaya untuk menciptakan kondisi Jakarta yang kondusif, aman dan nyaman jelang Pemilu. Sehingga pertemuan ini penting sebagai langkah awal dalam menciptakan suasana Pemilu yang sehat," kata Heru.
 
Heru menyebutkan salah satu tantangan besar yang sering dihadapi ketika Pemilu, yaitu menghadapi berita bohong (hoaks) yang bersifat merusak reputasi pihak lain.

Polda Metro Jaya menggelar silaturahmi dengan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan tokoh masyarakat dalam upaya mewujudkan Pemilu damai dan aman di Gedung Balai Pertemuan Polda Metro Jaya, Senin.

Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Karyoto menjelaskan silaturahmi ini mempunyai tujuan yang sangat mulia yaitu menyamakan persepsi, menyamakan tekad, dan melakukan berbagai upaya-upaya ke depan agar Pemilu yang akan datang bisa berjalan dengan aman dan damai.

“Kesempatan ini tentunya adalah sebagai silaturahim, di sini ada pemerintah Bapak Gubernur dan jajaran, ada TNI- Polri dan ada seluruh tokoh masyarakat," kata Karyoto dalam keterangan tertulis yang diterima, Senin.
Baca juga: Heru kumpulkan tokoh masyarakat untuk jaga kondusivitas jelang pemilu
Baca juga: Idham Holik sebut KPU sudah bentuk gugus tugas keamanan siber
Baca juga: KPU Jakut tingkatkan peran aktif RT-RW dan LMK jaga kelancaran pemilu

Pewarta: Siti Nurhaliza
Editor: Ganet Dirgantara
COPYRIGHT © ANTARA 2023