Moskow (ANTARA News) - Tekanan keras Amerika Serikat kepada Rusia dan China untuk mengusir buronan pembocor rahasia intelijen AS, Edward Snowden, hanya akan membuat Moskow dan Beijing kian erat bersatu, kata ketua komisi hubungan luar negeri parlemen Rusia, Alexei Pushkov.

"Ancaman dari Amerika Serikat kepada Rusia dan China perihal kasus Snowden tak akan berhasil, sebaliknya hanya akan memperkuat tali hubungan antara Moskow dan Beijing," tulis Pushkov dalam pesan Twitter-nya seperti dikutip AFP.

Dia menambahkan bahwa AS mengirimkan ancaman tak beralasan dalam kasus itu yang malah mengancam hubungan Washington, Moskow dan Beijing, padahal saat bersamaan ketiganya berusaha mencari kata sepakat dalam soal krisis Suriah.

Komentar Pushkov ini muncul setelah Menteri Luar Negeri Sergei Lavrov mengeluhkan apa yang dia sebut "ancaman" dari para pejabat AS dalam perkara Snowden.

Presiden Rusia Vladimir Putin telah mengakhiri spekulasi mengenai tempat keberadaan Snowden dengan memastikan bahwa yang bersangkutan masih berada dalam zona transit bandara Sheremetyevo, Moskow.

Putin menyatakan Rusia tak memiliki perjanjian ekstradisi dengan AS, namun Washington menyerang balik bahwa sebenarnya ada dasar hukum untuk mengusir Snowden, demikian AFP.

Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2013