Malang (ANTARA News) - Wakil Menteri Perdagangan Bayu Krisnamurthi mengatakan kalau ingin memiliki 100 usaha (bisnis) berarti harus punya 1.000 ide, sebab dari 100 ide baru di dunia, rata-rata hanya 9 yang benar-benar berhasil menjadi usaha.

"Ide-ide baru yang muncul dari mahasiswa hanya sedikit yang benar-benar bisa menjadi usaha (bisnis) dengan skala besar, sehingga masih dibutuhkan banyak ide baru," kata Bayu Krisnamurthi ketika menjadi pembicara kunci dalam Seminar "Kemandirian Pangan dan Energi" di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Rabu.

Oleh karena itu, lanjutnya, kalau ingin memiliki 100 bisnis harus menyiapkan 1.000 ide baru yang brilian. Dan, yang terpenting tidak pernah putus asa dalam berusaha dan mengembangkan ide-idenya dalam berbisnis.

Menyinggung agrokomplek dalam mengembangkan bisnis akhir-akhir ini, Bayu mengatakan, seharusnya diisi dengan tiga hal penting, yakni agro startup, bisnis dan bentuk bisnisnya serta inspirasi expo untuk menggali inspirasi baru.

Sementara dalam pengembangan agro startup, katanya, harus mengandung tiga hal, yakni teknologi, pemahaman terhadap pasar serta nilai-nilai yang harus dipegang teguh, seperti kejujuran.

Pewarta: Endang Sukarelawati
Editor: Aditia Maruli Radja
COPYRIGHT © ANTARA 2013