Beijing (ANTARA) - Dalam sembilan bulan pertama tahun ini, sektor swasta China mencatatkan pertumbuhan yang lebih cepat dalam investasi industri sekunder, produksi industri yang stabil, dan ekspansi perdagangan luar negeri yang pesat.

Catatan pertumbuhan ekonomi sektor swasta  China itu disampaikan Wei Dong, kepala biro pengembangan ekonomi swasta yang berada di bawah naungan Komisi Pembangunan dan Reformasi Nasional (National Development and Reform Commission/NDRC) China.

Menurut Wei, pertumbuhan output industri bernilai tambah perusahaan-perusahaan swasta utama China stabil di angka 3,3 persen secara tahunan (year on year/yoy) pada September atau kurang lebih sama dengan angka 3,4 persen yang dicatat pada Agustus.

Dia menyoroti bahwa sektor swasta menjadi "stabilisator" bagi perdagangan luar negeri China, seraya mengungkapkan bahwa impor dan ekspor dalam mata uang yuan naik 6,1 persen (yoy) dalam tiga kuartal pertama 2023, mencakup 53,1 persen dari totalnya.

Secara khusus, pertumbuhan impor dan ekspor dari bisnis swasta melampaui level headline, kata Wei.

China Economic Roundtable merupakan platform diskusi lintas media yang diluncurkan oleh Xinhua, dengan episode kedua membahas soal ekonomi swasta China.

Pewarta: Xinhua
Editor: Junaydi Suswanto
COPYRIGHT © ANTARA 2023