Jakarta (ANTARA News) - Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Abraham Samad optimistis penyidikan kasus dugaan korupsi pemberian dana talangan ke Bank Century akan selesai sebelum pelaksanaan pemilu 2014.

"Insya Allah penyidikannya sudah selesai sebelum pemilu. Setelah selesai , Insya Allah kami akan bawa kasus Century ke pengadilan. Sabar saja, yang pasti kami ingin menyelesaikan kasus ini secepatnya," katanya di sela rapat dengar pendapat dengan Komisi III DPR RI, di Gedung MPR/DPR/DPD RI, Jakarta, Kamis.

Ia mengatakan hal itu menjawab pertanyaan pers, menyusul hasil penggeledahan tim penyidik KPK di Gedung Bank Indonesia pada Selasa hingga Rabu, 25-26 Juni 2013.

Hasil penggeledahan tersebut, tim penyidik dan satgas KPK membawa sekitar 20 kardus dokumen menggunakan tiga unit mobil.

Menurut dia, KPK optimistis dari dokumen-dokumen hasil penggeledagan di kantor Bank Indonesia setahap demi setahap membuat kasus dugaan korupsi Bank Century menjadi lebih terang.

"Saat ini tim penyidik masih melakukan verifikasi atas dokumen-dokumen yang disita KPK di kantor Bank Indonesia, kemarin," katanya.

Menurut dia, setelah verifikasi maka isi dokumen-dokumen itu akan disinkronisasi dengan pemeriksaan mantan Dupeti Gubernur Bank Indonesia, Budi Mulia, yang saat ini berstatus tersangka.

Wakil Ketua KPK, Bambang Widjojanto juga optimistis penyidikan kasus dugaan korupsi di Bank Century akan menjadi lebih utuh setelah KPK mendapatkan banyak dokumen dari Bank Indonesia.

"Tim penyidik dan Satgas KPK berhasil membawa banyak dokumen dari penggeledahan di Bank Indonesia selama dua hari kemarin," kata Bambang.

Menurut dia, dari hasil penggeledahan di kantor Bank Indonesia, penyidik KPK berhasil membawa cukup banyak dokumen baik dalam bentuk cetak maupun file.

Bambang memperkirakan dokumen-dokumen tersebut ada sekitar 20 kardus yang dibawa menggunakan tiga unit mobil.

"Kami memberikan apresiasi kepada pimpinan Bank Indonesia yang memberikan kemudahan akses kepada KPK sehingga proses penggeledahannya menjadi lebih mudah," katanya.

Menurut dia, penggeledahan dokumen-dokumen tersebut dilakukan di tiga gudang di Gedung Bank Indonesia, selama sekitar 20 jam, mulai Selasa (25/6) pukul 09.00 WIB hingga Rabu (26/6) pukul 05.30 WIB.

Ia menegaskan, dirinya belum tahu dokumen apa saja yang telah dibawa oleh tim penyidik dan Satgas KPK tapi yang pasti cukup banyak.

"Saya menduga dokumen-dokumen itu akan memberikan informasi yang lebih lengkap sehingg proses penydikan jadi lebih utuh. Pemahaman kami terhadap konstruksi kasusnya juga jadi lebih utuh," katanya.

Pewarta: Riza Harahap
Editor: AA Ariwibowo
COPYRIGHT © ANTARA 2013