Jakarta (ANTARA News) - Deputi Gubernur Bank Indonesia Halim Alamsyah mengatakan tidak seluruh bank umum ahli membiayai  sektor usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) sehingga perlu ada skema sindikasi dengan Bank Perkreditan Rakyat atau Baitul Maal Tamwil.

"Bank Indonesia sejauh ini sudah mengarahkan agar pada 2018 perbankan menyalurkan pembiayaan minimal 20 persen ke sektor UMKM," kata Halim dalam satu seminar di Jakarta, Kamis.

Halim mengatakan hingga April 2013, outstanding penyaluran kredit perbankan ke sektor UMKM sebesar Rp570 triliun, atau 19,6 persen dari total penyaluran kredit perbankan. Pembiayaan sektor UMKM tertinggi adalah di Jabodetabek.

Dia mengatakan penting mendorong pembiayaan sektor UMKM karena sektor UMKM terbukti tahan krisis dan mampu menyerap tenaga kerja besar.

"Tenaga kerja di Indonesia itu banyak diserap UMKM. Selain itu UMKM berkontribusi 57 persen bagi PDB, dan mampu menjadi sektor andalan saat perekonomian sedang bermasalah," papar dia.

Halim juga mengatakan masalah UMKM sejatinya bukan hanya soal pembiayaan, namun juga pola pendampingan oleh industri perbankan agar UMKM bisa berkembang.

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2013