Beijing (ANTARA News) - China dan Korea Selatan (Korsel) sepakat untuk bersama-sama menjaga stabilitas keamanan di Asia Timur Laut khususnya di Semenanjung Korea.

Hal itu terungkap dalam pertemuan bilateral Presiden China Xi Jinping dan Presiden Korea Selatan Park Guen-Hye di Beijing, Kamis.

Dalam pertemuan di Balai Agung Rakyat, Xi Jinping mengatakan menjalin hubungan dan kerja sama yang baik dengan Korea Selatan adalah salah satu bagian dari kebijakan luar negeri China untuk menjaga stabilitas kawasan.

"Saya berharap kedatangan Presiden Park Guen-Hye, akan berkesan positif terhadap China, mengingat China dan Korea Selatan telah menjalin hubungan yang baik selama ini," kata Presiden Xi.

Ia menambahkan pihaknya akan berupaya mendorong kerja sama dengan Korea Selatan sebagai kemitraan yang lebih strategis dan dinamis.

Sementara Presiden Park Guen-Hye mengatakan dalam kunjungan empat harinya di China, selain meningkatkan hubungan bilateral pihaknya juga akan mengajak China untuk bersama-sama mendorong stabilitas di kawasan Asia Timur Laut.

"Selain meningkatkan hubungan baik dengan China yang telah berjalan sekitar 20 tahun, saya juga ingin mendorong pemeliharaan perdamaian dan stabilitas di Asia Timur Laut," ujarnya.

Namun, Park Guen Hye menambahkan, sangat penting untuk meningkatkan hubungan antarmasyarakat kedua negara, selain peningkatan kerja ekonomi dan keamanan.

Selain mengadakan kunjungan kehormatan kepada Presiden Xi Jinping, dalam kunjungan empat harinya di Negeri Panda, Presiden Park juga akan bertemu dengan Perdana Menteri China Li Keqiang, l dan sejumlah pejabat penting China lainnya.

Presiden Park Guen Hye juga akan melakukan kunjungan ke kota Xi`an, Provinsi Shaanxi, China.

Pewarta: Rini Utami
Editor: Ella Syafputri
COPYRIGHT © ANTARA 2013