Beijing (ANTARA) - Output industri bernilai tambah China yang juga merupakan sebuah indikator ekonomi penting, naik 4,6 persen secara tahunan (year on year/yoy) pada Oktober tahun ini, data dari Biro Statistik Nasional (National Bureau of Statistics/NBS) China menyebutkan pada Rabu (15/11).

Di antara tiga sektor utama, sektor pertambangan dan sektor manufaktur berekspansi masing-masing sebesar 2,9 persen dan 5,1 persen pada Oktober, sedangkan produksi dan pasokan listrik, panas, gas, dan air naik 1,5 persen.

Dalam perincian berdasarkan kepemilikan, output dari perusahaan-perusahaan yang dikelola negara, perusahaan-perusahaan ekuitas gabungan, dan perusahaan-perusahaan swasta masing-masing naik 4,9 persen, 5,6 persen, dan 3,9 persen (yoy) pada bulan lalu.

Dalam hal produk, output sel surya melonjak 62,8 persen, sedangkan robot layanan dan sirkuit terpadu (IC) masing-masing naik 59,1 persen dan 34,5 persen.

Dari Januari hingga Oktober, output industri meningkat 4,1 persen (yoy), lanjut NBS.

Output industri digunakan untuk mengukur aktivitas perusahaan, masing-masing dengan omzet bisnis utama tahunan minimal 20 juta yuan.

Pewarta: Xinhua
Editor: Junaydi Suswanto
COPYRIGHT © ANTARA 2023