Jakarta (ANTARA) - PT BRI Asuransi Indonesia atau BRI Insurance meraih dua penghargaan pada Top 20 Financial Institution Awards 2023.

Kedua penghargaan tersebut yaitu untuk kategori Perusahaan Asuransi Umum Berpremi Bruto Rp1 triliun sampai dengan kurang dari Rp2,5 triliun dan The Best Chief Financial Officer (CFO) Category General Insurance.

“Dengan perkembangan yang sangat pesat pada teknologi digital saat ini, telah membawa peluang bagi industri perbankan dan asuransi untuk memperluas cakupan bisnisnya. BRI Insurance juga turut berkontribusi dalam penetrasi dan perluasan pasar untuk mendorong tingkat inklusi keuangan masyarakat di Tanah Air,” kata Corporate Secretary Division Fenti Octaviani dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Rabu.

Direktur Keamanan Siber dan Sandi Keuangan, Perdagangan, dan Pariwisata Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) Edit Prima industri perbankan dan asuransi di Indonesia rentan mengalami serangan siber yang makin marak, terutama ransomware, data breach, serangan advance persistent threat, dan phishing.

Dalam konteks itu, BRI Insurance telah memperkuat kualitas perlindungan dari potensi serangan siber. Hal itu yang membuat perusahaan mampu bertahan menjadi Top 20 Financial Institution 2023 dari The Finance.

Di sisi lain, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) juga telah menerbitkan aturan khusus keamanan siber pertama di Indonesia, yakni aturan Nomor 29/SEOJK.03/2022 tentang ketahanan dan keamanan untuk industri perbankan dan asuransi, di mana BRI Insurance berupaya mengikuti aturan dengan makin memperhatikan manajemen risiko, perlindungan data, perencanaan respon atas insiden, dan keamanan siber.

“Industri perbankan dan asuransi yang mampu mengantisipasi serangan siber, patut diapresiasi karena telah berkontribusi terhadap perekonomian nasional,” ujar Chairman The Finance Eko B Supriyanto.

Penghargaan diberikan berdasarkan hasil rating bertajuk “Top 20 Lembaga Keuangan 2023” yang dilakukan The Finance terhadap laporan kinerja keuangan lima lembaga keuangan dalam tiga tahun terakhir, yakni dari Juni 2021- Juni 2023 untuk bank, kinerja tahun 2020 hingga 2022 untuk asuransi umum dan jiwa, serta multifinance.

Rating tersebut mengukur performa masing-masing lembaga keuangan dari lima lembaga keuangan (audited) dengan bahan baku laporan keuangan dalam tiga tahun terakhir.

Baca juga: BRI Insurance beri edukasi asuransi ke 250 pedagang pasar di Malang
Baca juga: BRI Insurance perluas jangkauan dengan resmikan kantor Bogor-Bekasi
Baca juga: BRI Insurance gandeng komunitas parenting tingkatkan literasi asuransi

 

Pewarta: Imamatul Silfia
Editor: Biqwanto Situmorang
COPYRIGHT © ANTARA 2023