Praya, Lombok Tengah (ANTARA) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyatakan cuaca di wilayah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) diprakirakan cerah berawan hingga hujan lebat selama tiga hari mulai 16-18 November 2023.

"Waspada potensi hujan sedang hingga lebat selama tiga hari di wilayah NTB," kata Prakirawan BMKG Zaenuddin Abdul Majid Lombok, Andre Jersey, dalam keterangan tertulisnya di Mataram, Kamis.

Potensi hujan sedang hingga lebat yang disertai petir dan angin kencang tersebut, kata dia, diprakirakan terjadi di sebagian wilayah Kota Mataram, Lombok Barat, Lombok Utara, Lombok Tengah, dan Lombok Timur. Selain itu hujan lebat yang disertai petir dan angin kencang diprakirakan terjadi di Sumbawa, Sumbawa Barat, Dompu, Bima, dan Kota Bima.

Baca juga: BMKG: Potensi hujan di wilayah NTB mulai meningkat

"Potensi hujan diprakirakan terjadi dari siang hari hingga malam hari di 10 kabupaten/kota di NTB," katanya.

Sebelumnya BMKG menyatakan potensi hujan di wilayah NTB mulai meningkat pada pertengahan November 2023.

"Waspadai potensi bencana hidrometeorologi," kata Prakirawan BMKG Stasiun Klimatologi NTB Cakra Mahasurya.

Pada dasarian II November 2023 (11 – 20 November 2023) diperkirakan curah hujan dengan intensitas >20 mm/dasarian memiliki probabilitas kejadian 70 persen- 90 persen untuk Pulau Lombok dan 10 persen – 80 persen untuk wilayah Pulau Sumbawa.

Baca juga: BMKG: Musim hujan di NTB diprakirakan mulai November Dasarian II

 

Pewarta: Akhyar Rosidi
Editor: Risbiani Fardaniah
COPYRIGHT © ANTARA 2023