Simalungun (ANTARA News) - Menteri BUMN Dahlan Iskan meluncurkan operasional tiga unit bus Damri di Kabupaten Simalungun, Provinsi Sumatera Utara, Sabtu siang.

Peluncuran bus bantuan Pemerintah Pusat ini ditandai dengan penepungtawaran oleh Menteri BUMN dan penaburan beras oleh Bupati Simalungun JR Saragih di halaman SMK Kesehatan Efarina di Pamatang Raya.

"Silakan jalan," kata Dahlan Iskan sambil memberi isyarat kepada sopir Bus Damri yang bergerak pelan dan kecepatan standar membawa sejumlah warga sesuai rute.

Dahlan yang menghadiri acara Haroan Bolon (Gotong Royong Massal) dengan agenda penutupan Pesta Rondang Bittang, penyerahan BLSM dan beasiswa bagi pelajar berharap bantuan bus Damri ini bisa membantu Pemerintah Kabupaten Simalungun.

Bupati Simalungun menyampaikan kepada menteri BUMN, luasan wilayah dengan penduduk 1,2 juta jiwa belum semuanya terlayani oleh angkutan pedesaan sehingga warga khususnya anak pelajar harus berjalan kaki ke sekolah.

"Sedikitnya mereka (pelajar) harus jalan kaki sejauh enam kilometer menuju sekolah. Tentunya ini sangat memberatkan meski mereka tidak pernah mengeluh dan semangat ke sekolah. Oleh karena itu, pemerintah kabupaten memohon bantuan ke pemerintah pusat dan hari ini terwujud," kata bupati.

Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kabupaten Simalungun Mixnon Andreas Simamora menyebutkan tiga unit Bus Damri ini melayani rute Pamatang Raya (pusat pemerintahan Simalungun)-Dolok Silau via Purba dan Silima Kuta, Pamatang Raya-Ujung Padang via Panei, Tanah Jawa, Huta Bayu Raja dan Bosar Maligas, Pamatang Raya-Parapat via Purba, Simarjarunjung dan Sipolha.

(KR-WRS/Z003)

Pewarta: Waristo
Editor: Tasrief Tarmizi
COPYRIGHT © ANTARA 2013