Beijing (ANTARA) - Suku bunga dasar pinjaman (loan prime rate/LPR) satu tahun China, yang merupakan suku bunga kredit acuan berbasis pasar, berada di level 3,45 persen pada Senin (20/11), tidak berubah dari bulan sebelumnya.

LPR lima tahun, yang menjadi acuan bagi suku bunga hipotek banyak pemberi pinjaman, juga tetap tidak berubah dari angka sebelumnya di level 4,2 persen, menurut National Interbank Funding Center.

Berdasarkan kuotasi yang dibuat oleh quoting bank dengan menambahkan beberapa basis poin pada suku bunga operasi pasar terbuka, LPR dihitung oleh pihak National Interbank Funding Center, yang berfungsi sebagai referensi harga untuk pinjaman bank.

"Secara umum, jika suku bunga fasilitas pinjaman jangka menengah (medium-term lending facility/MLF) satu tahun tetap tidak berubah, probabilitas perubahan LPR menjadi rendah," ujar Dong Ximiao, kepala peneliti di Merchants Union Consumer Finance Company Limited.

Pada 15 November tahun ini, PBOC menyuntikkan 1,45 triliun yuan atau sekitar 202 miliar dolar AS ke pasar melalui MLF bertenor satu tahun dengan suku bunga 2,5 persen, yakni suku bunga yang sama dengan operasi sebelumnya.

MLF membantu bank komersial dan bank kebijakan untuk menjaga likuiditas dengan mengizinkan mereka meminjam dari bank sentral menggunakan sekuritas sebagai agunan.

Pewarta: Xinhua
Editor: Yuni Arisandy Sinaga
COPYRIGHT © ANTARA 2023