Beijing (ANTARA) - Ekonomi maritim di China kembali mencatatkan pertumbuhan stabil dalam sembilan bulan pertama 2023, menurut Kementerian Sumber Daya Alam China pada Senin (20/11).

Produk bruto kelautan China tumbuh 5,8 persen secara tahunan (year-on-year/yoy) menjadi 7,2 triliun yuan dalam tiga kuartal pertama, kata He Guangshun, direktur departemen perencanaan dan ekonomi strategis kelautan di kementerian tersebut, dalam sebuah konferensi pers.

Output minyak mentah dan gas alam lepas pantai masing-masing meningkat sebesar 4,6 persen dan 9,7 persen dari setahun sebelumnya selama periode tersebut.

Permintaan untuk kapal-kapal baru melonjak dari Januari hingga September, yang mendukung kinerja bisnis pembuatan kapal, katanya.

Pesanan baru untuk kapal laut yang diterima oleh produsen-produsen kapal China naik 40,2 persen (yoy) selama periode tersebut.

Wisata bahari di negara itu juga mengalami rebound, dengan lalu lintas penumpang moda transportasi laut melonjak 121 persen (yoy), dan naik 0,4 poin persentase pada September dibandingkan delapan bulan pertama tahun ini.

Pewarta: Xinhua
Editor: Yuni Arisandy Sinaga
COPYRIGHT © ANTARA 2023