Oviedo, Spanyol (ANTARA) - Perdana Menteri Spanyol Pedro Sanchez akan berkunjung ke Israel dan Palestina dalam perjalanan ke luar negeri pertamanya sejak terpilih kembali sebagai PM, demikian pengumuman pemerintah setempat, Senin (20/11).

Pada Kamis Sanchez akan menemui Presiden Israel Isaac Herzog dan Perdana Menteri Benjamin Netanyahu serta Presiden Palestina Mahmoud Abbas.

Ini pertama kalinya bagi Sanchez untuk melakukan perjalanan ke Israel dan Palestina sejak konflik antar keduanya meningkat pada awal Oktober.

Selama sesi debat pencalonan, Sanchez mengumumkan bahwa salah satu prioritas utamanya adalah pengakuan Spanyol atas Negara Palestina. Dia juga berjanji untuk mendukung sikap yang sama di tingkat Eropa.

Pada Senin sebanyak 900 profesional medis Spanyol menandatangani petisi yang menyerukan agar Spanyol dan Uni Eropa menghentikan kerja sama dengan Israel dan menyerukan gencatan senjata segera.

Di pemerintahan Spanyol terdahulu, para anggota kabinet seperti Ione Belarra menyerukan Spanyol agar sepenuhnya memutus hubungan diplomatik dengan Israel dan menjatuhkan sanksi kepada para pemimpinnya.

Usai pengumuman kabinet baru Spanyol pada Senin, ternyata Belarra tidak lagi menduduki posisi sebagai menteri. Hal itu lantas dikritik mantan pemimpin Podemos, Pablo Iglesias lewat sindiran bahwa keputusan itu berkaitan dengan posisinya terhadap Palestina.

Namun, menteri pemuda Spanyol yang baru Sira Rego cukup lama dibesarkan di Palestina dan ayah serta saudara laki-lakinya masih tinggal di Tepi Barat, menurut harian Spanyol El Diario.

Sira Rego bergabung dengan massa pro-Palestina dan sangat kritis terhadap serangan Israel.

Konflik Israel telah memicu ketegangan di negara-negara Eropa, dengan Spanyol dan Irlandia menyerukan gencatan senjata dan negara-negara lain seperti Jerman lebih mendukung aksi Israel.

Sanchez akan ke Israel bersama rekannya dari Belgia Alexander De Croo, yang baru-baru ini mengecam serangan Israel terhadap penduduk sipil.

“Menggempur seluruh kamp pengungsi dengan tujuan memberantas satu teroris, menurut saya ini tidak seimbang,” kata De Croo pada awal November ini.

“Dan juga kekerasan tanpa kontrol di Tepi Barat, kalian harus berhati-hati.”

Spanyol masih memegang kepresidenan bergilir Dewan Uni Eropa dan telah menyarankan agar Uni Eropa menjadi tuan rumah KTT perdamaian.

Biasanya kunjungan ke luar negeri pertama PM Spanyol yang baru terpilih yakni ke Maroko.

Sanchez kembali terpilih sebagai PM Spanyol pada Kamis (16/11) lalu.

Baca juga: PM Spanyol: Tak ada yang inginkan fragmentasi ekonomi atau perang
Baca juga: Menteri Spanyol Belarra: Jangan libatkan kami dalam genosida di Gaza
Baca juga: Spanyol ingin Israel diseret ke ICC atas kejahatan perang


Sumber: Anadolu

Pewarta: Asri Mayang Sari
Editor: M Razi Rahman
COPYRIGHT © ANTARA 2023