Jeddah, Arab Saudi (ANTARA News) - Raja Arab Saudi, Abdullah, mengirimkan pesan ucapan selamat kepada pejabat sementara presiden baru Mesir, Adly Mansour, dan mengatakan pengangkatannya terjadi pada saat yang "kritis" dalam sejarah bangsa Mesir.

"Atas nama rakyat Saudi Arabia saya mengucapkan selamat kepada Anda untuk mengambil alih kepemimpinan Mesir pada saat yang kritis dalam sejarahnya," kata Abdullah dalam pesan pertama ucapan selamat oleh pemimpin Arab untuk Adly Mansour. Demikian diberitakan kantor berita resmi Saudi SPA.

"Kami meminta kepada Tuhan untuk membantu Anda memikul tanggung jawab untuk mencapai harapan saudara-saudara kami di Mesir," kata penguasa Sunni di negara yang kaya minyak itu dalam pesannya, pada Rabu.

Ia juga menyampaikan pujian kepada angkatan bersenjata Mesir dan pemimpinnya Abdel Fattah al-Sisi untuk menerapkan "kebijakan" dalam membantu menyelesaikan krisis dan menghindari "konsekuensi yang tak teduga".

Rabu lalu tentara Mesir menggulingkan Presiden Mohamed Moursi dan Sisi menyatakan mantan kepala partai keadilan Mansour menjadi pejabat sementara presiden, setelah sepekan pertumpahan darah di Mesir yang menewaskan hampir 50 orang.

Sisi juga menyerukan pemilihan presiden dan parlemen lebih dini di Mesir, yang memicu banjir perayaan di seluruh negeri dunia Arab yang paling padat penduduknya itu.

(H-AK)

Editor: Ella Syafputri
COPYRIGHT © ANTARA 2013