Jakarta (ANTARA) - Pengamat sepak bola nasional Tommy Welly menyambut baik gagasan calon presiden Anies Baswedan yang akan membangun stadion sepak bola bertaraf internasional di Mattoangin, Makassar, Sulawesi Selatan.

“Terkait rencana pembangunan Mattoangin International Stadium (MIS) yang didorong oleh pasangan capres dan cawapres, Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar, buat saya sebagai pengamat bola, harus angkat topi dan menyambut positif dukungan ini,” katanya dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu.

ia mengatakan stadion berstandar FIFA tersebut akan dibangun di Makassar yang selama ini menjadi sentra kemajuan sepak bola Indonesia. Daerah itu, lanjut dia, banyak melahirkan pesepak bola andal Tanah Air seperti sang legenda Ramang dan generasi terkini Asnawi Mangkualam Bahar, sebagai Kapten Timnas Indonesia.

“Sebagai kota yang sangat kuat sepak bolanya, yang punya kontribusi besar bagi sepak bola Indonesia, sudah seharusnya dan wajar Makassar punya stadion yang berskala atau berkelas internasional,” katanya.

Menurut dia, kehadiran MIS tersebut akan menjadi momentum penting bagi PSM Makassar, di mana klub kesebelasan kebanggaan Kota Makassar tersebut dapat bermain di hadapan pendukungnya sendiri.

“Jadi sudah saatnya PSM sebagai club kebanggaan Makassar bermain di depan pendukungnya sendiri, di Kotanya sendiri, di halaman rumahnya sendiri, yaitu Stadion Mattoangin International Stadium, yang menjadi janji atau program dari capres cawapres AMIN,” jelasnya.

Baca juga: Relawan bentuk Presidium Gerakan Rakyat untuk menangkan AMIN
Baca juga: Rajiv siap menangkan "Amin" di Pilpres 2024


Ia optimistis bahwa hal itu bukan sebatas janji melainkan akan terwujud, mengingat capres Anies memiliki rekam jejak yang jelas dalam merealisasikan janji politiknya dengan membangun Jakarta International Stadium (JIS) saat menjadi Gubernur DKI Jakarta.

“Jadi bukan hal yang mengawang-awang karena sebelumnya rekam jejak yang terbukti dengan membangun JIS," katanya.

Sebelumnya, capres nomor urut 1 Anies Baswedan berjanji akan membangun kembali Stadion Mattoangin Makassar, Sulawesi Selatan, yang dibongkar pada tahun 2020. Hal itu dikemukakan Anies saat bertemu dengan suporter PSM Makassar di Gori Artisan Building, Makassar, Sabtu (18/11).

Keseriusan Paslon AMIN untuk mewujudkan stadion yang direncanakan bernama Mattoangin International Stadium (MIS) tersebut dibuktikan dengan “dipamerkannya” desain bangunan MIS dihadapan pendukung PSM Makassar.

MIS tersebut akan dibangun di atas lahan seluas tujuh hektare dengan kapasitas 41.800 kursi penonton dan dirancang dengan fasilitas bertandar FIFA, sehingga diharapkan dapat menjadi tuan rumah kompetisi internasional seperti piala dunia.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada hari Selasa, 14 November 2023, menetapkan tiga pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.

Peserta Pilpres 2024 terdiri atas pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dengan nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Pewarta: Fauzi
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2023