Athena (ANTARA) - Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin mengatakan Indonesia dan Yunani memiliki kesamaan pandangan agar konflik di Gaza antara Israel dan Hamas Palestina segera diakhiri secara permanen.

“Soal perdamaian dunia terutama itu konflik di Gaza, kita ingin supaya segera diselesaikan agar ada penyelesaian perdamaian yang permanen,” kata Ma’ruf setelah melakukan pertemuan dengan Wakil Ketua I Parlemen Yunani Ioannis Plakiotakis di Hellenic Parliament, Athena, Rabu waktu setempat.

Ma’ruf mengatakan pimpinan parlemen Yunani sangat merespons baik kunjungan pimpinan pemerintahan Indonesia. Kepada Ma’ruf, Plakiotakis menyampaikan pentingnya penyelesaian konflik di Gaza, sebagai bagian dari upaya mewujudkan perdamaian dunia.

Bagi Yunani, konflik di Gaza juga membawa dampak buruk karena memicu gelombang pengungsian yang berimbas ke negara yang terletak di Eropa tenggara itu.

“Mereka juga terkena imbasnya, pengungsian itu yang pertama kalau ke Eropa lewatnya Yunani ada dampaknya,” kata dia.

Juru Bicara Wapres Masduki Baidlowi mengatakan Wapres RI dan Wakil Ketua I Parlemen Yunani sama-sama mendukung aksi gencatan senjata di Gaza.

Indonesia dan Yunani, kata Masduki, juga sama-sama berpegang teguh pada prinsip yang sudah ditentukan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yakni Two State Solution atau Solusi Dua Negara untuk mengakhiri konflik di Gaza.

"Dalam jangka panjang, dua negara sama. Jadi sama-sama berpegang teguh kepada prinsip yang sudah ditentukan oleh PBB mengenai two state solution, saya kira Yunani sama dan kita juga sama berpandangan seperti itu," ujarnya.
 

Wakil Presiden Ma’ruf Amin (tengah) memberikan keterangan pers setelah melakukan pertemuan dengan Wakil Ketua I Parlemen Yunani Ioannis Plakiotakis di Hellenic Parliament, Athena, Rabu (22/11/2023) waktu setempat. ANTARA/Indra Arief Pribadi.

Turut mendampingi Ma'ruf dalam pertemuan ini, yaitu Duta Besar Indonesia untuk Yunani Bebeb Nugraha Djundjunan, Kepala Sekretariat Wakil Presiden Ahmad Erani Yustika, dan Deputi Bidang Dukungan Kebijakan Pembangunan Manusia dan Pemerataan Pembangunan Sekretariat Wakil Presiden Suprayoga Hadi.

Wapres RI juga didampingi Staf Khusus Wakil Presiden Bidang Komunikasi dan Informasi Masduki Baidlowi, Staf Khusus Wakil Presiden Bidang Politik dan Hubungan Kelembagaan Robikin Emhas, dan Staf Khusus Bidang Penanggulangan Kemiskinan dan Otonomi Daerah Wakil Presiden Imam Azis.

Sementara itu, Ioannis Plakiotakis didampingi oleh Chairman of the Permanent Committee on Cultural and Educational Affairs Christos Kellas, Chairman of the Greece-Indonesia Parliamentary Friendship Group Makarios Lazaridis, dan Diplomatic Advisor to the President Constantinos Economides.

Adapun Hamas Palestina dan Israel telah menyepakati gencatan senjata selama empat hari bagi pembebasan sandera dan mengizinkan bantuan kemanusiaan masuk ke Gaza. Berdasarkan perjanjian tersebut, 50 warga Israel yang ditahan Hamas akan dibebaskan dengan imbalan pembebasan 150 tahanan Palestina dari penjara-penjara Israel.

Semua sandera yang akan dibebaskan oleh Hamas adalah yang berkewarganegaraan Israel, kata sumber politik Israel kepada lembaga penyiaran publik KAN. Kesepakatan itu juga mencakup masuknya 300 truk berisi bantuan kemanusiaan, termasuk bahan bakar, ke Jalur Gaza.

Baca juga: Wapres Ma'ruf bertemu pimpinan Parlemen Yunani Ioannis Plakiotakis
Baca juga: Wapres Ma'ruf bawa misi perdamaian dunia dalam kunjungan ke Yunani


Pewarta: Indra Arief Pribadi
Editor: Tasrief Tarmizi
COPYRIGHT © ANTARA 2023