Jakarta (ANTARA) - Komisi X DPR RI dalam rapat kerja di kompleks parlemen Senayan, Jakarta, Rabu, memberikan apresiasi kepada Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) atas pencapaian program yang telah dilakukan selama 2023.

“Kita melihat bahwa pencapaian-pencapaian dari Kemenpora dalam waktu satu tahun terakhir ini memang sudah berjalan baik. Dari berbagai event internasionalnya dan lokalnya juga sudah terasa,” kata Wakil Ketua Komisi X DPR RI Dede Yusuf, dikutip dari laman resmi.

Apresiasi juga disampaikan Anggota Komisi X Muhammad Kadafi yang menyebut banyaknya wisatawan yang datang ke Indonesia imbas dari penyelenggaraan beragam agenda olahraga internasional di Tanah Air.

“Tentunya ini bisa memberikan suatu respon positif terhadap para wisatawan mancanegara bahwa Indonesia sangat ramah terhadap para wisatawan. Dan juga kita bisa bangkit setelah pandemi Covid kemarin,” sebut Kadafi.

Baca juga: Menpora pastikan bonus untuk atlet Asian Games segera diserahkan

Dalam raker tersebut, Menpora Dito Ariotedjo membeberkan beragam capaian di bidang kepemudaan dan keolahragaan. Dalam bidang kepemudaan misalnya, Kemenpora telah melaksanakan koordinasi strategis lintas sektor penyelenggaraan pelayanan kepemudaan yang melibatkan 27 kementerian/lembaga dan pemerintah provinsi serta pemerintah kabupaten/kota di Indonesia.

Sementara capaian di bidang keolahragaan, di antaranya pelaksanaan single event FIBA World Cup 2023 dan FIFA U-17 World Cup di mana Indonesia menjadi tuan rumah. FIBA World Cup 2023 disebut memberi nuansa baru dalam penerimaan negara yaitu wisata olahraga.

Selama Agustus 2023 pada saat penyelenggaraan kejuaraan dunia bola basket, tercatat jumlah wisatawan mancanegara mencapai 1,13 juta atau meningkat 68,9 persen dibandingkan bulan Agustus tahun 2022.

“Indonesia sukses menyelenggarakan FIBA World Cup 2023. Banyak pujian dan acungan jempol diberikan kepada Indonesia karena berhasil menyelenggarakan kejuaraan dunia yang diikuti banyak pemain profesional,” terang Menpora Dito.

Baca juga: Menpora nilai timnas U-17 Indonesia sudah tunjukkan progres positif
Baca juga: Menpora apresiasi capaian tiket olimpiade panjat tebing

Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
COPYRIGHT © ANTARA 2023