Batang (ANTARA News) - Pemerintah Kabupaten Batang, Jawa Tengah, telah mengusulkan pada Pemerintah Pusat untuk percepatan perbaikan jalan pantai utara (Pantura) setempat sebagai upaya memberikan kelancaran pemudik Lebaran dan menekan angka kecelakaan.

Kepala Dinas Bina Marga Dan Sumber Daya Air Kabupaten Batang Heru Yuwono di Batang, Kamis, mengatakan bahwa untuk menghadapi Lebaran 2013, pemkab akan mempercepat pelayanan khususnya pada sektor infrastruktur jalan.

"Menjelang Ramadan dan Lebaran 2013, kami akan secepatnya melakukan perbaikan jalan alternatif yang rusak, sedangkan kondisi jalan Pantura yang rusak telah kami usulkan pada Pemerintah Pusat agar segera diperbaiki," katanya.

Selain mengusulkan perbaikan jalan Pantura, pemkab sudah memetakan beberapa jalan rusak yang menjadi tanggung jawab Pemerintah Provinsi Jawa Tengah agar segera diperbaiki.

Beberapa jalan protokol yang menjadi tanggung jawab Pemprov Jateng itu, kata dia, antara lain Jalan Ahmad Yani, Pemuda, dan sekitarnya.

"Saat ini, jalan tersebut masih dalam tahap pelaksanaan perbaikan atau pengaspalan, sedangkan jalan provinsi yang sudah dilaksanakan perbaikan, antara lain Jalan Raya Batang menuju ke Bandar dan Blado-Bawang," katanya.

Ia mengatakan bahwa untuk perbaikan jalan strategis dan alternatif ditargetkan selesai satu minggu sebelum Lebaran 2013.

"Kami akan secepatnya memperbaiki beberapa kondisi jalan strategis dan alternatif dengan cara menambal. Kami berharap dengan kondisi jalan yang mulus, arus lalu lintas saat Lebaran berjalan lancar," katanya.

Sementara itu berdasarkan pengamatan Antara, perbaikan jembatan Kali Banger yang berada di jalur utama mudik di Kota Batang sudah mulai dibuka untuk arus lalu lintas sejak hari Minggu (30/6).

Saat ini hanya tinggal melakukan pengaspalan pada permukaan jembatan yang sudah selesai pembetonannya. Namun dalam kondisi tersebut sudah dapat dilalui kendaraan meskipun tidak dengan kecepatan yang tinggi.

Pewarta: Kutnadi
Editor: Ella Syafputri
COPYRIGHT © ANTARA 2013