Berlin (ANTARA News) - Kapten Bayern Munich Philipp Lahm pada Jumat mendukung Mario Gomez untuk memperlihatkan apa yang dapat ia lakukan untuk sang juara Eropa setelah penyerang potensial Jerman itu kelihatannya gagal untuk pindah ke klub Italia Fiorentina.

"Kami tahu bahwa ia sangat bernilai bagi kami," kata Lahm di pemusatan latihan pra musim Bayern di utara Italia.

"Ia akan memainkan peran penting, karena ia merupakan penyerang papan atas."

Ketika Bayern menjadi tim Jerman pertama yang memenangi tiga gelar utama dalam semusim yakni Liga Champions, Liga Jerman, dan Piala Jerman, Gomez menjalani musim yang tidak menyenangkan setelah tempatnya di tim inti diambil alih penyerang Kroasia Mario Mandzukic.

Sejumlah laporan mengatakan kepindahan ke Fiorentina akan terjadi dalam waktu dekat, namun kubu Italia itu mengklaim telah menarik minat mereka.

"Gomez adalah pemain yang sangat penting yang nilainya tinggi. Kami tidak berada di posisi untuk mendapatkan dirinya," kata direktur olahraga Fiorentina Daniele Prade pada Kamis.

Bayern dilaporkan setidaknya menginginkan biaya transfer sebesar 20 juta euro untuk penyerang yang mereka beli dengan harga 35 juta euro pada 2009 dan telah mencetak 118 gol dari 236 pertandingan Liga Jerman untuk Munich dan Stuttgart.

Gomez memiliki kontrak sampai 2016 dan direktur olahraga Bayern Matthias Sammer mengatakan kepada SID, bahwa dirinya berharap Gomez mau bertahan.

Pelatih baru Pep Guardiola, yang mengambil alih posisi itu dari Jupp Heynckes dua pekan silam, mengatakan dirinya menyukai Gomez.

"Saya telah bekerja dengan Mario selama sepekan, ia sangat profesional dan ia bersikap sangat baik," kata pria 42 tahun itu, yang memenangi 14 gelar dalam empat tahun di Barcelona.

"Mario adalah pemain saya, saya perlu mengeluarkan kemampuan terbaiknya."

Ketika kehadiran Guardiola sejauh ini terus menghadirkan nuansa positif, pria Spanyol menghadapi diskusi rumit sebelum musim baru dimulai, bukan hanya perihal Gomez.

Ia mengatakan dirinya bereksperimen mengganti formasi 4-2-3-1 Bayern, yang membuat mereka memenangi "treble," dan mencoba menggunakan sistem 3-3-3-1 yang dipakainya di Barcelona, termasuk menggunakan penyeang "Nomor Sembilan Palsu," yang dapat bermain di lapangan tengah.

Kedatangan Mario Goetze, dari klub rival Borussia Dortmund, berarti Guardiola akan harus memilih untuk menyingkirkan salah satu dari grup yang dihuni Franck Ribery, Arjen Robben, Toni Kroos, dan Thomas Mueller.

Pertandingan kompetitif pertama Bayern adalah final Piala Super Jerman pada 27 Juli, dan musim baru dimulai pada 9 Agustus, demikian AFP.

(H-RF)

Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2013