Ketol, Aceh (ANTARA News) - PT Pertamina memberi bantuan kompor dan tabung gas masing-masing 1.000 unit untuk korban gempa di Kabupaten Aceh Tengah dan Bener Meriah, Provinsi Aceh.

Manager Marketing PT Pertamina Aceh Arie Wibowo di Posko Polda Aceh di Desa Genting Bulen, Kecamatan Ketol Aceh Tengah, Selasa menyatakan, bantuan tersebut sudah tiba di sini dan akan didistribusikan kepada para korban gempa.

Ia menyatakan, pendistribusian bantuan itu akan dilakukan pada saat program hunian sementara, sehingga penempatannya lebih terarah.

"Kalau pun sekarang ini, kita dukung untuk dapur-dapur umum, sedangkan untuk keluarga korban nanti pada saat mereka sudah berada di hunian sementara," ujarnya.

Selain itu, PT Pertamina sebelumnya juga telah menyalurkan bantuan pangan berupa beras, mie instan, susu, gula pasir, minyak goreng, selimut, dan tikar.

Arie menyatakan, bantuan tersebut selain dari Pertamina juga dari kalangan dealer bahan bakar minyak dan LPG dari Banda Aceh.

Ia berharap, bantuan tersebut bisa bermanfaat bagi para korban gempa yang tersebar di desa-desa.

"Kita juga memberi bantuan LPG dan minyak tanah untuk kegiatan dapur umum di lokasi pengungsian dan posko bencana," kata Arie.

Arie menyatakan, selain bantuan pangan, Pertamina juga membuka pos kesehatan di Desa Blang Mancung Barat, Kecamatan Ketol, Kabupaten Bener Meriah.

Pada pos itu, terdapat dokter dan perawat, serta obat-obatan. "Kita sengaja memilih Desa Blang Mancung Barat, karena daerah tersebut merupakan lokasi terparah terkena dampak gempa, sehingga masyarakat akan lebih mudah untuk mendapat pelayanan kesehatan," ujarnya.

Pewarta: Heru Dwi S
Editor: Desy Saputra
COPYRIGHT © ANTARA 2013