Jakarta (ANTARA) - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Hasyim Asy'ari mengimbau peserta Pemilu Serentak 2024 untuk berkampanye secara sehat dan tidak mengumbar kebencian.

Hal tersebut diucapkan Hasyim dalam sambutan acara Deklarasi Kampanye Pemilu Damai Tahun 2024 di halaman Gedung KPU RI, Jakarta, Senin.

"Peserta pemilu untuk bersama-sama melaksanakan pemilu yang sehat, kampanye yang sehat, tidak saling mengumbar kenegatifan lawan politiknya," ujarnya.

 Hasyim menegaskan bahwa kampanye bertujuan untuk meyakinkan pemilih dengan menonjolkan aspek baik dan keunggulan kompetitif dari peserta pemilu.

Selain itu, Hasyim menjelaskan bahwa pemilu merupakan sarana integrasi bangsa sehingga peserta pemilu harus berkolaborasi untuk menyelenggarakan pemilu yang berlandaskan asas langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil.

Sebelumnya, dalam acara yang sama, ketiga pasangan calon presiden dan wakil presiden, yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. bersama pimpinan partai politik resmi menandatangani komitmen pemilu damai dan berintegritas.

Parpol peserta Pemilu 2024 yang ikut dalam deklarasi itu adalah Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Gerindra, PDI Perjuangan, Partai Golkar, Partai NasDem, Partai Buruh, dan Partai Gelora.

Berikutnya Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Kebangkitan Nusantara (PKN), Partai Hanura, Partai Garuda, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Demokrat, Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Perindo, Partai Ummat, dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

Selain itu, ada pula partai lokal Aceh, yaitu Partai Nanggroe Aceh (PNA), Partai Generasi Aceh Beusaboh Tha'at dan Taqwa (Gabthat), Partai Darul Aceh (PDA), Partai Aceh, Partai Adil Sejahtera (PAS) Aceh, dan Partai Solidaritas Independen Rakyat Aceh (SIRA).

Baca juga: Peserta Pemilu Serentak 2024 teken komitmen kampanye pemilu damai
Baca juga: Bawaslu berharap tak ada pelanggaran pidana pemilu selama kampanye


Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada hari Senin, 13 November 2023, menetapkan tiga bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.

Hasil pengundian dan penetapan nomor urut peserta Pilpres 2024 pada hari Selasa, 14 November 2023, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Pewarta: Aprillio Abdullah Akbar
Editor: D.Dj. Kliwantoro
COPYRIGHT © ANTARA 2023