Jakarta (ANTARA) - Pada Senin (27/11), Pemerintah dan DPR RI menetapkan biaya penyelenggaraan ibadah haji 1445 Hijriah/2024 Masehi sebesar Rp93,4 juta per orang, ada pula warta tentang erupsi gunung Anak Krakatau.

Berita-berita tersebut dapat kembali disimak dalam rangkuman berikut.

1. Biaya haji ditetapkan Rp93,4 juta, calon haji hanya bayar Rp56 juta

Pemerintah dan Komisi VIII DPR RI resmi menetapkan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) sebesar Rp93,4 juta dan calon peserta haji hanya membayar Biaya Perjalanan Ibadah Haji (Bipih) sebesar Rp56 juta per orang.

"Besaran rata-rata biaya perjalanan ibadah haji Bipih atau biaya yang dibayar langsung oleh jamaah haji rata-rata per jamaah sebesar Rp56 juta atau sebesar 60 persen," ujar Ketua Komisi VIII DPR RI Ashabul Kahfi saat membacakan hasil simpulan rapat di Jakarta, Senin.

Baca juga: Biaya haji ditetapkan Rp93,4 juta, calon haji hanya bayar Rp56 juta

2. Gunung Anak Krakatau kembali erupsi setinggi 1.500 meter pada hari ini

Gunung Anak Krakatau yang berada di perairan Selat Sunda, Kabupaten Lampung Selatan, kembali mengalami erupsi pada Senin pagi, dengan tinggi kolom abu teramati sekitar 1.500 meter di atas puncak atau sekitar 1.657 meter di atas permukaan laut.

"Telah terjadi kembali erupsi Gunung Anak Krakatau pada hari Senin, 27 November 2023, pukul 09.32 WIB. Tinggi kolom letusan teramati kurang lebih 1.500 meter di atas puncak 1.657 meter di atas permukaan laut," kata Kepala Pos Pantau Gunung Anak Krakatau di Hargopancuran, Kecamatan Rajabasa, Lampung Selatan, Andi Suardi, Senin.

Baca juga: Gunung Anak Krakatau kembali erupsi setinggi 1.500 meter pada hari ini

3. Pameran repatriasi babak baru dialog kebudayaan Indonesia-Belanda

Pameran repatriasi yang diselenggarakan Galeri Nasional pada 28 November-10 Desember 2023, untuk merayakan kembalinya benda seni jarahan Belanda dari Indonesia, menjadi babak baru untuk memperkuat dialog kebudayaan dan pengetahuan antara Indonesia dengan Belanda.

"Pameran repatriasi ini membuka peluang dialog, juga mendorong penelitian di dalam negeri. Melalui pameran ini, kami juga menyajikan cerita sejarah dan makna di balik artefak dan benda-benda tersebut, bagaimana perjalanan benda itu dari kawasan Nusantara dan berabad-abad ada di luar negeri," kata Kurator Pameran Repatriasi, Bonnie Triyana dalam tur bersama media di Galeri Nasional, Jakarta, Senin.

Baca juga: Pameran repatriasi babak baru dialog kebudayaan Indonesia-Belanda

4. BPKH siapkan Rp8,2 triliun untuk penyelenggaraan haji 2024

Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) menyiapkan dana sebesar Rp8,2 triliun untuk mendukung penyelenggaraan ibadah haji 1445 Hijriah/2024 Masehi yang akan menjadi dana Nilai Manfaat operasional biaya haji.

"BPKH siap memenuhi biaya termasuk kuota tambahan 20.000 orang tahun ini sehingga dapat mempercepat waktu tunggu ibadah haji," ujar Kepala Badan Pelaksana BPKH Fadlul Imamsyah dalam rapat kerja bersama Komisi VIII DPR RI di Jakarta, Senin.

Baca juga: BPKH siapkan Rp8,2 triliun untuk penyelenggaraan haji 2024

5. Ketua PBNU berharap ISORA membuahkan aksi nyata penyelesaian konflik

Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Yahya Cholil Staquf berharap pertemuan otoritas agama R20 International Summit of Religious Authorities (ISORA) dapat membuahkan kesepakatan yang diikuti dengan aksi nyata untuk menyelesaikan konflik yang sedang terjadi di dunia, termasuk konflik Palestina dengan Israel.

"Mudah-mudahan nanti pertemuan ini sungguh-sungguh capai kesepakatan dan tindakan nyata yang harus dilakukan bersama komunitas agama dunia," katanya saat membuka R20 ISORA di Jakarta, Senin.

Baca juga: Ketua PBNU berharap ISORA membuahkan aksi nyata penyelesaian konflik

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Endang Sukarelawati
COPYRIGHT © ANTARA 2023