Padang (ANTARA) - Juru bicara (Jubir) Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Andre Rosiade, menyebut Provinsi Sumatra Barat (Sumbar) menjadi salah satu barometer politik nasional, terutama saat Pemilihan Presiden (Pilpres).

"Sumbar memang hanya dua persen (suara) di pentas nasional, tapi Sumbar adalah barometer politik di Indonesia," kata Jubir TKN Prabowo-Gibran, Andre Rosiade, di Padang, Senin malam.

Hal tersebut disampaikan Andre Rosiade setelah rapat kerja Tim Kampanye Daerah (TKD) Prabowo-Gibran bersama kader partai yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Maju.

Oleh karena itu, lanjut dia, Provinsi Sumbar akan berupaya semaksimal mungkin memenangkan duet Menteri Pertahanan dan Wali Kota Solo tersebut pada pesta demokrasi lima tahunan.

Andre yang juga Ketua TKD Provinsi Sumbar mengatakan pihaknya akan segera berkomunikasi dengan Ketua TKN Roslan Roeslani untuk membicarakan siapa tokoh atau petinggi TKN yang akan datang langsung ke Ranah Minang guna merebut hati konstituen.

Pada kesempatan itu, anggota Komisi VI DPR RI tersebut juga menyinggung upaya TKD Provinsi Sumbar untuk memenangkan Prabowo-Gibran di Kabupaten Dharmasraya dan Kabupaten Kepulauan Mentawai.

Untuk diketahui, kedua kabupaten tersebut sejak dua kali Pilpres menjadi lumbung utama suara PDI-P di Provinsi Sumbar. Oleh karena itu, Andre meminta TKD mengoptimalkan mesin politik di daerah itu.

"TKD Kabupaten Dharmasraya dan Kabupaten Kepulauan Mentawai menjadi garda terdepan memenangkan pasangan Prabowo-Gibran," kata dia.

Ia optimistis pasangan nomor urut 2 mampu merebut hati masyarakat di dua daerah itu pada Pilpres 2024. Alasannya, program kerja yang diusung Prabowo-Gibran juga bagian dari keberlanjutan program Presiden Jokowi.

KPU RI pada Senin, (13/11) telah menetapkan tiga pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden 2024. Hasil pengundian dan penetapan nomor urut peserta Pilpres 2024 pada Selasa (14/11) pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024. Kemudian, jadwal pemungutan suara pada 14 Februari 2024.

Pewarta: Muhammad Zulfikar
Editor: Edy M Yakub
COPYRIGHT © ANTARA 2023