Jakarta (ANTARA News) - Sekitar 100 warga negara Indonesia hadir mendengarkan paparan Tim Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (UAE), mengenai Pemilu 2014 yang diadakan pada akhir pekan lalu.

Tim PPLN Abu Dhabi yang beranggota tujuh orang menyelenggarakan sosialisasi Pemilu 2014 untuk wilayah akreditasi Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Abu Dhabi khususnya kepada WNI di kota Al Ain yang berjarak sekitar 150 km dari kota Abu Dhabi, menurut siaran pers KBRI Abu Dhabi yang diterima Antara di Jakarta, Selasa.

PPLN Abu Dhabi telah dilantik oleh Dubes RI untuk UAE Salman Al Farisi pada 23 Juni 2013 dan sejak itu berbagai rencana kegiatan telah dirancang guna mensosialisasikan Pemilu 2014 kepada WNI dan menjaring pemilih sebanyak mungkin.

Terdapat empat wilayah konsentrasi utama WNI yang berada di bawah akreditasi KBRI Abu Dhabi yaitu Abu Dhabi, Ruwais, Al Ain dan Bida Zayed. Setiap wilayah memiliki struktur WNI yang berbeda-beda sehingga 19 orang anggota Pantarlih yang ditunjuk diharapkan dapat menjangkau seluruh WNI di empat wilayah utama tersebut.

Dubes Salman mengatakan dalam sambutan pada kegiatan sosialisasi bahwa Pemilu merupakan pesta rakyat untuk memilih wakil-wakil rakyat di DPR dan pemilihan Presiden dan Wakil Presiden.

Masing-masing WNI di manapun berada memiliki hak konstitusi memilih dan negara berkewajiban untuk memfasilitasi hak pilih warga negaranya, katanya.

WNI diingatkan untuk memilih calon-calon yang memiliki potensi untuk memimpin negara dan bangsa Indonesia. Ditambahkan, bahwa memilih juga tidak berdasarkan atas keikutsertaan pada kelompok tertentu atau berdasarkan unsur kepentingan suku, agama dan lain-lain.

"Sehingga, insya Allah bangsa dan negara Indonesia memiliki pemimpin yang berpikiran maju, memiliki wawasan ke depan, arif dan bijaksana yang membawa kemajuan bagi bangsa dan negara, serta menyejajarkan Indonesia dengan negara lain di dunia," kata Dubes.

Secara khusus kepada PPLN dan Pantarlih yang telah dibentuk, Dubes mengingatkan untuk bekerja keras dan saling berkoordinasi, serta menggunakan berbagai media untuk mensosialisasikan Pemilu guna menjangkau para WNI yang mayoritas bekerja sebagai Penata Laksana Rumah Tangga. WNI di UAE juga diimbau untuk secara aktif membantu proses Pemilu dengan turut menginformasikan hal-hal yang diketahui kepada sesama masyarakat Indonesia di UAE.

Kegiatan sosialisasi Pemilu untuk tahap pertama ini dirangkai dengan kegiatan layanan publik KBRI Abu Dhabi, yang merupakan kegiatan reguler guna memberikan pelayanan di bidang kekonsuleran, ketenagakerjaan dan pensosbud di kantong-kantong WNI di wilayah Abu Dhabi.

(M016)

Pewarta: Mohamad Anthoni
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2013