Mamuju (ANTARA News)- Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) menyiapkan anggaran membangun jalan di provinsi itu hingga Rp40 miliar untuk tahun 2013.

"Secara keseluruhan anggaran yang siap dikelola Bidang Bina Marga pada Dinas PU Sulbar mencapai Rp40 miliar tahun 2013," kata Kepala Dinas PU Sulbar, Ramli Hamid, di Mamuju, Selasa.

Ia mengatakan, anggaran yang dikelola Bidang Bina Marga itu akan digunakan membangun jalan di sejumlah daerah di Sulbar pada enam kabupatennya.

"Jalan yang akan dibangun merata di seluruh wilayah Sulbar, khususnya daerah yang selama ini tidak memiliki infrastruktur jalan memadai, padahal daerah itu memiliki potensi komoditas pertanian yang menjanjikan dan bila dikelola bisa mendorong ekonomi daerah," katanya.

Menurut dia, jalan yang dibangun itu diupayakan dapat menjadi akses transportasi masyarakat mendistribusikan hasil pertanian dan mendorong pertaniannya agar terus dapat diangkut dari lahan untuk dipasarkan.

"Pemerintah membangun jalan untuk mendorong akses ekonomi masyarakat, karena hanya dengan membangun infrastruktur jalan maka ekonomi daerah ini dapat terus dibangun dan dikembangkan," katanya.

Pewarta: M Faisal Hanapi
Editor: Ella Syafputri
COPYRIGHT © ANTARA 2013