Jakarta (ANTARA News) - Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo menyebutkan bahwa inspeksi mendadak atau sidak yang dilakukannya ke kantor-kantor pemerintah seperti kantor kecamatan dan kelurahan dilakukan untuk melihat cara kerja camat dan lurah jebolan Seleksi dan Promosi Jabatan Terbuka.

"Saya juga mau ngecek Camat dan Lurah baru," kata Jokowi di bantaran Waduk Pluit, Jakarta Utara, Rabu.

Sebelumnya, Jokowi mengunjungi kantor kecamatan Kemayoran di Jalan Serdang Raya III, Kemayoran, Jakarta Pusat.

Dalam kunjungannya tersebut, Jokowi disambut oleh Sekretaris Camat Kemayoran, Munjir Munaji. Sedangkan Camat Kemayoran, Iyan Sopiyan Hadi disebut-sebut sedang mengadakan rapat koordinasi di Puskesmas bersama dengan Kepala Puskesmas serta lurah-lurah di Kemayoran.

Menanggapi hal tersebut, Jokowi malah menyebut bahwa tugas seorang Camat memang tidak selalu berada di kantor, namun juga harus turun ke lapangan.

"Masa camat harus nungguin kantor terus. Tadi rapat dengan lurah-lurah. Camatnya ada hanya rapat saja," katanya.

Jokowi melanjutkan bahwa dengan tindakan Camat yang juga bertugas di luar kantor tersebut sekilas memperlihatkan adanya perubahan birokrasi dari jaman sebelumnya.

"Dilihat sepintas, sudah ada peningkatan yang baik," katanya.

Namun dia menyebutkan bahwa peningkatan pelayanan akan bisa dilihat dari Index Government Service. "Saya pegangannya itu saja. Soal pelayanan kan tanya ke warga langsung," katanya.

Dia menyebutkan bahwa selama bulan puasa di setiap kantor pemerintah tidak ada pengurangan jumlah pelayanan. "Hanya memang pengunjungnya saja yang berkurang," katanya. (*)

Pewarta: Deny Yuliansari
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2013