Jakarta (ANTARA) - Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani mengklaim bahwa calon presiden nomor urut dua Prabowo Subianto merupakan sosok yang matang dalam kepemiluan karena telah melewati banyak masa pesta demokrasi di Indonesia.

"Pak Prabowo adalah sosok yang matang dalam kepemimpinan. Beliau telah melewati masa-masa yang belum tentu dihadapi kita semua,” kata Muzani saat menghadiri rapat konsolidasi bersama kader Partai Gerindra di Bandung, Jawa Barat, Rabu, sebagaimana keterangan tertulis diterima di Jakarta.

Muzani mengatakan Ketua Umum Partai Gerindra itu bukan sosok yang instan. Menurut dia, Prabowo memiliki pengalaman sebagai pemimpin sejak ia masih aktif di TNI hingga menjabat sebagai Menteri Pertahanan (Menhan) saat ini.

"Sejak dia di TNI, lalu mendirikan partai, mengikuti pemilu ke pemilu hingga hari ini Pak Prabowo jadi Menhan itu bukan sesuatu hal yang instan. Pak Prabowo sejati-nya adalah pemimpin yang betul-betul kekuatannya, tenaganya, pikiran-nya dia sumbangkan untuk bangsa dan rakyat Indonesia. Jadi tidak ada yang instan dari sosok Pak Prabowo," ucapnya.

Baca juga: Gerindra: Prabowo-Gibran belum kampanye karena masih urus pemerintahan

Baca juga: Muzani: Gerindra terus konsisten lakukan transparansi laporan keuangan


Dalam kesempatan itu, Muzani mengingatkan bahwa cita-cita Partai Gerindra adalah menjadikan Prabowo sebagai presiden. Untuk itu, ia mengajak kader dan para calon anggota legislatif Partai Gerindra di provinsi itu untuk mencantumkan atribut Prabowo dan pasangannya Gibran Rakabuming Raka.

"Kita adalah alat politik untuk mewujudkan Pak Prabowo memimpin eksekutif. Itu sebabnya wajib bagi calon legislatif dan pengurus Gerindra dalam setiap kampanye-nya, atribut-nya, alat peraga kampanye-nya mencantumkan Prabowo-Gibran,” kata dia.

Dia mengarahkan kader dan caleg di Jawa Barat untuk mengutamakan sosialisasi Prabowo. “Itu yang mendasari kita yakin bisa menang satu putaran," imbuh Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran itu.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada hari Senin, 13 November 2023, menetapkan tiga bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.

Hasil pengundian dan penetapan nomor urut peserta Pilpres 2024 pada hari Selasa, 14 November 2023, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Pewarta: Fath Putra Mulya
Editor: Chandra Hamdani Noor
COPYRIGHT © ANTARA 2023