Jakarta (ANTARA) -
Cawapres nomor urut 3 Mahfud MD mengatakan ajang debat capres-cawapres merupakan bagian dari proses seleksi yang akan dinilai oleh masyarakat.

Mahfud mengatakan ketika dia bersedia menjadi calon pendamping Ganjar Pranowo di Pilpres 2024, maka dia juga harus mempersiapkan diri mengikuti debat capres-cawapres dalam masa kampanye.

"Ketika (saya) bersedia menjadi calon, dengan segala yang ada (saya) harus siap untuk berdebat dan memperlihatkan kemampuan. Itu kan bagian dari proses seleksi oleh masyarakat," kata Mahfud di Jakarta, Rabu.

Dia pun mengaku tidak ada persiapan khusus karena belum mengetahui daftar pertanyaan yang diajukan dalam debat tersebut.

Baca juga: Ganjar-Mahfud siap ikuti debat Pilpres 2024

Meski demikian, Mahfud mengaku siap mengikuti debat dan mempersilakan masyarakat untuk menilai kemampuannya.

"Nanti (kalau saya) siap pergi ke barat, (malah) ditanya urusan timur. Ya, sudah datang saja. Nanti masyarakat akan menilai," tambah Mahfud.

Sementara itu, capres Ganjar Pranowo juga menyatakan kesiapannya mengikuti debat capres-cawapres. Ganjar mengaku akan melakukan persiapan dengan matang.

"Ada pasti persiapan. Kami menyiapkan hal-hal yang sifatnya satu konsep yang utuh, yang sesuai visi dan misi," kata Ganjar di Jakarta, Kamis.

Baca juga: Debat perdana capres-cawapres digelar di Kantor KPU RI

Meskipun sudah memiliki pengalaman dan rekam jejak yang bisa dilihat masyarakat, pasangan Ganjar-Mahfud menyadari bahwa gagasan yang disampaikan dalam debat capres-cawapres harus bisa diimplementasikan agar dapat diterapkan dalam kebijakan dan dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

"Tentu kami punya pengalaman yang bisa ditunjukkan kepada masyarakat, tetapi yang paling utama adalah bagaimana agar masyarakat yakin bahwa gagasan kami harus bisa diimplementasikan," ujar Ganjar.

KPU menetapkan lokasi debat pertama capres-cawapres peserta Pemilu 2024 di Kantor KPU RI, Jakarta, pada tanggal 12 Desember 2023. KPU baru menetapkan lokasi untuk debat perdana, sedangkan lokasi empat debat lainnya masih dalam pembahasan.

Debat capres-cawapres Pemilu 2024 akan dilakukan sebanyak lima kali dan semuanya dilaksanakan di Jakarta.

Setelah debat perdana, debat kedua dijadwalkan pada tanggal 22 Desember 2023, debat ketiga pada tanggal 7 Januari 2024, debat keempat pada tanggal 21 Januari 2024, dan debat terakhir pada tanggal 4 Februari 2024.

Baca juga: KPU cari moderator untuk debat peserta Pilpres 2024

Pewarta: Rizka Khaerunnisa
Editor: Fransiska Ninditya
COPYRIGHT © ANTARA 2023