Buriram, Thailand (ANTARA) - Pembalap Indonesia Herjun Atna Firdaus menjaga asa berburu gelar pertamanya di kelas Asia Production 250 (AP 250) Asia Road Racing Championhsip (ARRC) 2023 setelah ia finis posisi keempat pada race pertama seri terakhir di Sirkuit Internasional Chang, Buriram, Thailand, Sabtu.

Herjun memangkas jaraknya dari rekan satu tim sekaligus pemimpin klasemen sementara kelas AP 250, Rheza Danica Ahrens yang menyelesaikan balapan tidak lebih baik darinya yaitu di posisi keenam.

Hasil tersebut membantu Herjun mengubah defisit 23 poin menjadi 20 poin dari Rheza yang mengantongi 198 poin jelang balapan terakhir pada Minggu.

Herjun yang start dari posisi keempat sempat mendapati posisinya melorot ke P7, dua tempat di belakang Rheza yang menepati posisi kelima, ketika Veda Ega Pratama mempertahankan posisinya dari pole sebagai pimpinan lomba.

Pada lap kedua, Herjun mendapat celah menyalip Rheza untuk naik ke posisi kelima.

Memasuki lap selanjutnya, Herjun tertinggal jauh dari rombongan empat pembalap di depannya yang diisi Veda, Jakkreephat Puettisan, Cao Viet Nam, dan Muklada Sarapuech.

Memasuki lap keempat, balapan semakin menarik. Herjun membangun jarak untuk meninggalkan Rheza demi mengejar tiga rombongan pebalap di depannya, saat Veda melaju sendirian di posisi terdepan.

Tak menunggu lama, Herjun mengambil alih posisi ketiga sebelum kemudian ia lengah dan kembali ke posisi semula pada lap kelima.

Saat balapan tersisa dua lap, Herjun memacu gasnya untuk mengincar podium. Sedangkan, Rheza yang ada di posisi keenam, mulai mendekati empat pembalap di atasnya.

Setelah persaingan sengit dengan rombongan, Herjun menyelesaikan balapan di posisi keempat dan Rheza keenam. Sementara itu, Veda Ega tak menemui kendala untuk menjadi juara di race pertama.

Hasil itu membuat penentuan juara ARRC 2023 kelas AP 250 akan ditentukan pada race kedua, Minggu (3/12) pukul 14.15 waktu setempat.

Untuk merebut gelar juara, Herjun harus meraih kemenangan dan berharap Rheza finis tak lebih baik dari posisi ke-12.

Sebaliknya, Rheza hanya membutuhkan finis pada posisi kesepuluh, apapun hasil dari Herjun, karena hanya butuh tambahan enam poin untuk mengunci gelar keduanya di kelas AP 250.

Veda, yang baru saja merebut gelar juara Asia Talent Cup, menegaskan dominasi para pebalap tim Astra Honda Racing di peringkat tiga klasemen AP 250 dengan koleksi 160 poin berkat kemenangan ketiganya pada musim ini.

Pewarta: Zaro Ezza Syachniar
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
COPYRIGHT © ANTARA 2023