Montevideo (ANTARA News) - Para pemimpin Amerika Selatan menawarkan suaka kepada pembocor intelejen Amerika Serikat Edward Snowden, Jumat.

Amerika Serikat  menginginkan Snowden, yang saat ini terdampar di Moskow, untuk ditahan karena mengungkap rincian operasi intelejen elektronik Washington di dunia.

Venezuela, bersama dengan sekutunya Bolivia dan Nikaragua, telah menawarkan suaka kepada Snowden (30).
Presiden Venezuela Nocolas Maduro juga menyerukan keamanan dunia maya regional setelah ada laporan-laporan bahwa Washington terlibat dalam kegiatan mata-mata elektronik di beberapa negara Amerika Latin.

Para pemimpin Mercosur (perhimpunan lima negara Amerika Selatan) mengeluarkan pernyataan yang menegaskan kembali "hak yang tak dapat dicabut dari tiap negara untuk memberikan suaka," suatu hak yang, mereka katakan, "harus tidak dibatasi atau dikekang".

Para pemimpin Mercosur juga mengatakan mereka akan memanggil duta-duta besarnya dari Prancis, Spanyol, Italia dan Portugal untuk berkonsultasi sebagai protes atas keputusan empat negara itu yang menutup wilayah udara mereka bagi pesawat yang membawa Morales pekan lalu.

Presiden Brazil Dilma Rousseff, yang negaranya dilaporkan menjadi sasaran kunci pengintaian elektronik AS, mengecam kegiatan-kegiatan NSA yang diungkap surat kabar O Globo.

Menteri Luar Negeri Argentina Hector Timerman mengatakan kepada KTT itu bahwa lebih 100 pejabat di negerinya berada di bawah pengintaian elektronik dari satu negara yang dia tak sebutkan.

(Uu.M016/




Editor: Aditia Maruli Radja
COPYRIGHT © ANTARA 2013