Jakarta (ANTARA) - Tim Kampanye Nasional (TKN) mengajak seluruh relawan untuk mengampanyekan Calon Presiden dan Wakil Presiden RI Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming, dengan cara santun dan tidak menyerang pasangan lain.

"Yang disoroti itu tentu visi-misi pasangan yang maju dan dikonversi dengan pengalaman yang dimiliki kandidat itu. Menyerang personal tak sesuai adab, Prabowo dan Gibran juga sudah menyampaikan, jangan menyerang pribadi capres dan cawapres lainnya," kata Wakil Komandan Tim TKN Sangap Surbakti dalam keterangan tertulis di Jakarta, Sabtu.

Ia menjelaskan, kandidat yang maju dalam kontestasi Pilpres 2024 mendatang merupakan putra-putra terbaik bangsa, yang dipilih partai politik. Mereka ditawarkan kepada rakyat agar dipilih sebagai pemimpin bangsa Indonesia lima tahun mendatang.

"Cara-cara berpolitik dengan menyerang pribadi calon tidak sesuai adab ketimuran," ujarnya.

Dosen Ilmu Hukum Universitas Kristen Indonesia itu juga mengajak para relawan untuk tidak gampang tersulut emosi, ketika mendapati serangan dari tim pemenangan dua kandidat capres dan cawapres lainnya.

Baca juga: Relawan bentuk Presidium Gerakan Rakyat untuk menangkan AMIN

Kedewasaan dalam kampanye, menurut dia, dapat memenangkan empati para pemilih. Pemilih diyakini cenderung memilih pasangan capres-cawapres yang tak banyak bermain drama.

"Pemilih kita itu semakin hari semakin cerdas. Mereka semakin paham, yang menyerang dengan cara-cara tak beradab dan cenderung menghasut itu merupakan pihak yang ketakutan mengalami kekalahan. Untuk itu jangan terpancing emosi, jika di lapangan ada tim dari paslon lain menghasut," katanya. 

Ia juga menyatakan, bila relawan Prabowo-Gibran menemukan pihak yang menghasut pasangan Prabowo-Gibran di lapangan pada masa kampanye, maka para relawan tersebut diminta merangkul dan mengajak dialog mereka.

"Jangan sedikit-sedikit lapor polisi dan seterusnya. Ajak saja ngopi, dialog untuk menyadarkan para penghasut itu," harapnya.

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum pada Senin, 13 November 2023, menetapkan tiga bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pemilu Presiden 2024.

Baca juga: Relawan Almijan sosialisasikan rekam jejak pasangan Ganjar-Mahfud

Hasil pengundian dan penetapan nomor urut peserta Pilpres 2024 pada Selasa, 14 November 2023, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2 dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024 dan jadwal pemungutan suara pada 14 Februari 2024.
 

Pewarta: Fauzi
Editor: Edy Sujatmiko
COPYRIGHT © ANTARA 2023