Jakarta (ANTARA) - PT Bank Mandiri (Persero) Tbk menyalurkan kredit modal kerja untuk pembuatan dua unit Kapal Angkatan Laut (AL) dengan limit pembiayaan senilai Rp66 miliar untuk mendukung pertahanan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

SEVP Commercial Banking Bank Mandiri Totok Priyambodo menyampaikan, pembiayaan tersebut telah dikucurkan kepada PT Citra Shipyard untuk pembangunan Kapal Angkatan Laut Sembulungan dan Kapal Angkatan Laut Hinako milik TNI Angkatan Laut.

“Bank Mandiri terus berupaya untuk memberikan dukungan pembiayaan dan melayani berbagai transaksi keuangan termasuk ke industri maritim, baik untuk industri perkapalan maupun galangan, guna mendukung perekonomian nasional,” ujar Totok dalam acara peluncuran dua unit kapal tersebut di Batam, Kepulauan Riau, seperti dikutip dari keterangan resmi yang diterima di Jakarta, Selasa.

Baca juga: Ditjen Imigrasi gandeng Bank Mandiri optimalkan layanan Golden Visa Totok menyebutkan, berkat kucuran kredit modal kerja yang diberikan oleh Bank Mandiri, pembangunan kapal tersebut telah rampung.

Bank Mandiri berharap kehadiran dua kapal dengan ukuran 28 meter tersebut dapat memperkuat alat utama sistem pertahanan (Alutsista) Indonesia, sehingga penjagaan kedaulatan di perairan tanah air dapat terjaga lebih optimal lagi.

“Bank Mandiri sebagai agen pembangunan akan terus konsisten menjadi salah satu pendukung penguatan alutsista tanah air di luar Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) melalui layanan perbankan yang komprehensif,” kata dia.

Baca juga: Bank Mandiri raih BI Award 2023 sebagai mitra pengembangan pasar uang

Peluncuran Kapal Angkatan Laut Sembulungan dan Kapal Angkatan Laut Hinako milik TNI Angkatan Laut dilakukan Bank Mandiri bersama Markas Besar Angkatan Laut RI (MABESAL RI) dan PT Citra Shipyard di Batam, Kepulauan Riau, Senin (4/12).

Acara tersebut dihadiri oleh Laksamana TNI Muhammad Ali selaku KASAL TNI AL dan Jovan selaku Direktur utama PT Citra Shipyard, serta Totok Priyambodo sebagai SEVP Commercial Banking Bank Mandiri.

Pewarta: Agatha Olivia Victoria
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2023