Jakarta (ANTARA News) - Aktivis lingkungan Nadya Hutagalung mengaku kecintaannya terhadap lingkungan terinspirasi dari ibunya yang mengajarkan pentingnya menjaga lingkungan.

"Ibu saya dulu menanam sayuran sendiri dan membuat kompos sendiri. Akhirnya saya ikuti. Setelah mulai populer melalui MTV, saya merasa memiliki platform untuk mengajak dan menginspirasi orang lain," kata Nadya Hutagalung saat acara Program "Smarter Greener Living" PT Unilever di Jakarta, Rabu.

Melalui inspirasi dari ibunya, Nadya kemudian berpikir mengenai anaknya. Menurut dia, siapa yang akan bertanggung jawab terhadap anaknya, termasuk mengajarkan tentang pentingnya menjaga lingkungan, kalau bukan dia sendiri.

Untuk menanamkan kebiasaan menjaga lingkungan, salah satu pendiri greenkampong.com itu mengatakan perlu ada edukasi dan pembelajaran dari diri sendiri sejak dini.

"Anak-anak belajar dari melihat orang tuanya. Karena itu orang tua harus memberi contoh dan teladan, bukan hanya sekedar memberi tahu harus begini atau begitu," tuturnya.

Nadya mengatakan edukasi juga penting bagi orang dewasa. Apabila seseorang sudah teredukasi mengenai pentingnya menjaga lingkungan, akan lebih mudah untuk mengubah perilakunya menjadi ramah lingkungan.

"Karena itu, kita yang sudah dewasa juga harus belajar dan banyak membaca tentang pentingnya menjaga lingkungan," ujarnya.

Pewarta: Dewanto Samodro
Editor: Desy Saputra
COPYRIGHT © ANTARA 2013