Jakarta (ANTARA) - Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono memberikan bantuan lengan bionik hingga Surat Izin Mengemudi (SIM) D untuk penyandang disabilitas saat merayakan Hari Disabilitas Internasional 2023 di Jakarta Utara, Kamis.

"Lengan bionik tadi diserahkan secara simbolis kepada Bapak Sidik," kata Heru di panggung acara Hari Disabilitas Internasional 2023 di Dunia Fantasi, Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta Utara.

Kendati disebut lengan bionik, kata Heru, fungsi sebetulnya sebagai lengan prostetik atau pengganti mekanis untuk anggota tubuh yang hilang, yang dirancang untuk meniru fungsi dasar lengan manusia.

Heru juga menyerahkan paspor kepada 10 anak disabilitas yang secara simbolis diberikan kepada Zainuddin serta SIM D kepada 10 orang penyandang disabilitas yang secara simbolis diterima oleh Maria Goreti.

Baca juga: Bus listrik ramah disabilitas dukung tujuan Jakarta jadi kota global

Maria Goreti adalah wanita penyandang disabilitas asal Cengkareng, Jakarta Barat yang kerap berpergian ke luar kota maupun luar negeri untuk mengurus para atlet disabilitas yang akan bertanding.

Maria mengucapkan terima kasih sudah diberi perhatian dan dukungan oleh Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono serta Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

"Saya kan trauma dulu karena kecelakaan. Ini mungkin caranya, supaya saya bisa berkendara lagi dengan naik motor atau naik mobil, ya sebenarnya bisa membantu 'self healing' (penyembuhan diri sendiri)," kata Maria.

SIM D merupakan SIM khusus menyandang disabilitas untuk mengemudikan kendaraan bermotor jenis kendaraan khusus bagi penyandang disabilitas, yang setara dengan golongan SIM C.

Kata diskriminasi 
Sementara itu Wali Kota Jakarta Utara Ali Maulana Hakim menegaskan bahwa kata-kata diskriminasi akan segera dihilangkan di DKI Jakarta untuk menjamin kesetaraan seluruh warganya.

Baca juga: Sudinsos Jakut bantu kursi roda untuk dua anak berkebutuhan khusus

"Jadi, Pemprov DKI Jakarta sesegera mungkin membuat program-program yang menjamin kesetaraan untuk warganya dan semua menjadi prioritas," kata Ali.

Ali pun memotivasi kepada para penyandang disabilitas di wilayah Jakarta Utara agar terus bersemangat dan berkarya.

"Untuk ke depannya, kita buat rencana yang lebih baik lagi dan menjadikan kegiatan ini sebagai agenda tahunan," kata Ali.

Turut hadir dalam acara tersebut Staf Khusus Presiden Bidang Sosial Angkie Yudistia.

Baca juga: KPU DKI pastikan warga disabilitas nyaman saat memilih di TPS

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Edy Sujatmiko
COPYRIGHT © ANTARA 2023