Pretoria (ANTARA Newss) - Afrika Selatan dan dunia memberikan peghormatan pada Nelson Mandela pada Kamis ketika pemimpin anti-apartheid itu berulang tahun ke-95 di rumah sakit dan para dokter yang merawatnya melaporkan keadaannya "membaik" setelah menderita infeksi paru-paru selama enam-pekan.

Afrika Selatan dirundung kesedihan sejak mantan presiden dan Bapak "Bangsa Pelangi" itu dilarikan ke rumah sakit pada 8 Juni karena penyakit paru-parunya kambuh dan kondisi kesehatannya kritis.

Sudah empat kali Mandela dibawa ke rumah sakit dalam enam bulan terakhir dan rakyat Afsel seolah-seolah diingatkan bahwa pria yang dikagumi di dunia itu sebagai tokoh yang berani melawan ketidakadilan dan simbol rekonsiliasi rasial takkan bersama lagi dengan mereka selamanya.

Tapi ribuan warga Afsel bergairah untuk merayakan ulang tahunnya dengan melantunkan lagu "Happy Birthday" dan berperan serta dalam acara-acara amal sebagai dukungan global bagi peraih Hadiah Nobel Perdamaian dalam kegiatan "Nelson Mandela Day" yang diprakarsai PBB.

Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-moon menyanjung Mandela dengan menyebutnya sebagai "raksasa di era kita" dan menyerukan orang-orang di seluruh dunia untuk memberikan penghormatan kepadanya.

Rakyat Afsel dari yang muda hingga tua merayakan ulang tahun Mandela selama 67 menit dengan berdoa untuk menghormati 67 tahun tokoh itu menjalani kemanusiaan dengan berperang melawan kekuasaan minoritas kulit putih dan kemudian mengkonsolidasi keharmonisan rasial ketika dia menjadi presiden.

Banyak menyampaikan ucapan selamat ulang tahun di luar rumah sakit Prestoria tempat Mandela menerima perawatan, bernyanyi dan memegang tanda-tanda semoga dia cepat sembuh.

"Terima kasih atas semua yang telah Anda kerjakan untuk negeri ini," kata Margaret Chechie, seorang di antara yang memberikan ucapan.

Presiden Jacob Zuma mengunjungi Mandela di rumah sakit dan mengatakan kondisi kesehatannya mengalami kemajuan. "Saya sampaikan "Selamat Ulang Tahun" kepadanya dan dia tersenyum," katanya kepada wartawan.

Beberapa jam sebelumnya, kantor kepresidenan telah mengutip ucapan para dokter Mandela bahwa "kesehatannay membaik."

Mantan istrinya Winnie Madikizela-Mandela menyebut ulang tahun ke-95 merupakan "hadiah bagi bangsa dan negara", demikian Reuters.
(M016)

Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2013