Jakarta (ANTARA News) - Selain mengungkapkan tekad partainya memenangkan Pemilu 2014, Ketua Umum DPP Partai Amanat Nasional (PAN) Hatta Rajasa mengatakan Indonesia harus dipimpin orang yang tidak saja memahami tantangan internal bangsa, namun juga tantangan global.

Untuk tantangan eksternal, kata Hatta saat memberikan pembekalan calon legislatif PAN di Jakarta hari ini, terjadi pergeseran ekonomi dari barat ke Asia Timur di mana Indonesia menjadi kekuatan regional. 

"Tahun 2014 jadi arti penting bagi kita, PAN. Indonesia harus dipimpin oleh orang yang paham dengan perubahan itu. Kalau tidak, akan set back. Ini kesempatan dan tantangan bagi bangsa ini," kata Hatta.

Hatta menambahkan akan terjadi pula integrasi ekonomi global. "Kalau tak mampu bersaing. Kalau tidak diisi manusia-manusia berkualitas, mengerti tantangan, maka Indonesia akan tertinggal," kata dia.

Dia meminta seluruh caleg PAN mengerti dan memahami tantangan itu. "PAN susun strategi membangun bangsa ini, karena PAN ingin menjadikan bangsa ini sebagai bangsa yang unggul, dan tidak hanya bisa impor," ujar Hatta. 

Dia mengingatkan caleg PAN tidak mudah melakukan pemekaran yang esensinya semestinya untuk kesejahteraan rakyat. 

"Saya ingatkan kepada anggota Fraksi PAN untuk tidak latah mekar-memekarkan wilayah sebab 80 persen APBD-nya adalah untuk membayar gaji pegawai yang tentunya mengakibatkan kebangkrutan wilayah yang dimekarkan," ujar Hatta.

Pewarta: Zul Sikumbang
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2013