Jakarta (ANTARA News) - Partai Demokrat mempersilakan CEO Lion Air Rusdi Kirana ikut dalam konvensi calon presiden bila memang bermaksud ingin mencalonkan diri sebagai bakal capres, karena konvensi Partai Demokrat bersifat terbuka.

Wakil Ketua Umum DPP Partai Demokrat Max Sopacua saat dihubungi pers di Jakarta, Sabtu, menyatakan mempersilakan jika Rusdi Kirana berniat akan mengikuti konvensi Partai Demokrat. "Kalau dia mau, silakan saja. Toh nanti akan diseleksi oleh Komite Konvensi," katanya.

Sebelumnya diberitakan, elit Partai Demokrat tengah menjalin komunikasi dengan Rusdi Kirana. Bahkan, pada acara pembekalan seluruh calon anggota legislatif DPRD Kabupaten/Kota/Provinsi maupun pusat daerah pemilihah Sulawesi Selatan, Mei 2013, dan Rusdi Kirana tampak hadir sebagai tamu. Saat itu, Ketua Harian Partai Demokrat Sjarief Hasan yang memberikan materi pembekalan.

Max mengatakan, ada dua jalur untuk ikut konvensi Partai Demokrat. Pertama berdasarkan undangan, yang kedua mendaftar sendiri. Tapi, semua calon, baik berdasarkan undangan dan pendaftaran, sama-sama harus lolos seleksi.

"Memangnya yang diundang paling jago apa? Tidak ada keistimewaan. Ini pilihan rakyat. Nanti yang diundang, tapi tidak dipilih rakyat bagaimana? Ini menurut survei," ujarnya.

Dua tokoh disebut-sebut paling diunggulkan yakni mantan KSAD Jenderal (Purn) Pramono Edhie Wibowo dan Menteri Perdagangan Gita Wirjawan, karena dua nama itu termasuk yang diundang dalam konvensi Partai Demokrat. Tapi, Max mengatakan, semuanya tergantung hasil survei.(*)

Pewarta: Ruslan Burhani
Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2013