Jakarta (ANTARA News) - Ketua DPR RI Marzuki Alie akan memimpin langsung penanganan 100 ribu Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang over stays di Arab Saudi karena sampai saat ini belum diurus oleh pemerintah.

Demikian kata Marzuki usai rapat koordinasi dengan Menteri Luar Negeri Marti Natalegawa, Menteri Hukum dan HAM Amir Syamsuddin, dan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Muhaimin Iskandar di Gedung MPR/DPR/DPD RI, Jakarta, Senin.

"Kita juga akan segera kirim anggota DPR RI. Mungkin saya juga akan langsung ke sana agar 100 ribu TKI yang over stays di Arab Saudi itu dapat diselamatkan," kata Marzuki.

Dikatakannya, kedatangan anggota DPR RI ke Arab Saudi adalah momentum sekaligus memberikan perlindungan pada TKI.

"Bahwa mereka dijamin perlindungannya, gajinya dijamin dibayar lewat perbankan, mereka dijamin dengan asuransi kalau terjadi kecelakaan kerja, dan satu hari dalam seminggu harus libur. Kemudian kalau dia kerja harus dibayar. Sehingga TKI di Timur Tengah maupun Arab Saudi itu, nanti semuanya mendapat perlindungan secara baik dan benar," kata Marzuki.

Ia juga menyatakan, belum diselesaikannya masalah over stays TKI tersebut dikarenakan adanya perbedaan di masing-masing kementerian dalam menanganinya.

Pewarta: Zul Sikumbang
Editor: Aditia Maruli Radja
COPYRIGHT © ANTARA 2013