Jakarta (ANTARA) -
Kapten Tim Nasional (Timnas) Pemenangan Anies-Muhaimin(AMIN), Muhammad Syaugi Alaydrus, menegaskan capres Anies Rasyid Baswedan siap mengikuti debat perdana capres yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI di Jakarta, Selasa malam.

"Kami (Anies) akan melaksanakan debat pertama capres. Jadi, pada hari ini, kita sama-sama berdoa dan mendukung Pak Anies dan Pak Muhaimin yang akan menuju ke KPU untuk melaksanakan debat pertama. Kami sering ditanyakan, bagaimana persiapan? Kami tegaskan sudah siap," kata Syaugi di Rumah Perubahan, Menteng, Jakarta Pusat, Jakarta, Selasa.

Dia menambahkan kesiapan Anies menghadapi debat sudah dilakukan sejak berkampanye ke daerah-daerah dan berdialog dengan masyarakat melalui program Desak Anies.

"Di situlah, beliau-beliau (Anies-Muhaimin) ini sudah menyatakan kesiapannya. Mereka siap menjawab apa pun pertanyaan masyarakat, asalkan untuk memperbaiki situasi ini, yaitu perubahan, mulai dari pendidikan, lapangan kerja, kesehatan, hingga perumahan," jelas Syaugi.

Baca juga: Timnas AMIN gelar kenduri rakyat sambut debat perdana

Dia mengatakan Anies akan menyampaikan visi dan misi secara jelas, termasuk jawaban terhadap semua pertanyaan. Namun demikian, dia menolak menyampaikan tema apa yang didalami Anies untuk debat.

"Itu rahasia, dong. Nggak mungkin disampaikan sekarang. Itu ketika waktu debat. Beliau akan menyampaikan, bukan saya; yang jelas, beliau menyiapkan diri terkait topik-topik itu," kata Syaugi.

Lebih lanjut, dia berharap debat tersebut dapat dijadikan ajang untuk merebut suara para pemilih mengambang (swing voter) yang jumlahnya diperkirakan mencapai 28,7 persen.

Baca juga: Dewan Pakar paparkan persiapan Anies-Muhaimin jelang debat KPU

"Toh, trennya mulai menunjukkan kenaikan to? Jadi, kami fokus saja dengan kerja-kerja yang kami lakukan. Insyaallah, nanti Tuhan akan membantu, yang penting kami berusaha semaksimal mungkin. Apa yang sudah kami rencanakan itu akan kami capai," ujar Syaugi.

Debat pertama capres-cawapres Pilpres 2024 di Jakarta, Selasa, mengangkat tema pemerintahan, hukum, hak asasi manusia (HAM), pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, peningkatan layanan publik, dan kerukunan warga.

Debat diikuti tiga pasangan calon peserta Pilpres 2024, yakni nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, dan nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

Baca juga: Timnas AMIN harap "swing voters" pilih AMIN setelah debat perdana

Pewarta: Hendri Sukma Indrawan
Editor: Fransiska Ninditya
COPYRIGHT © ANTARA 2023