Bournemoth (ANTARA News) - Bersikap etis bukan sekedar mentaati aturan atau sebatas tidak melanggar peraturan, melainkan bekerja dan bertanding dalam kebersamaan tim, kata pelatih kawakan Real Madrid, Carlo Ancelotti.

Bersikap etis di mata Carletto -panggilan akrab Ancelotti - senantiasa menimbang dan melakukan segala sesuatu dengan pertimbangan baik buruk sesuai panggilan nurani. Ini yang ditunjukkan dan ditanamkan secara nyata oleh pelatih asal Italia itu ketika kali pertama berlabuh di Real Madrid.   

Bersikap etis dalam bekerja dan bertanding di jagad sepak bola relatif penting memerhatikan kebersamaan.

Sepak bola tampil sebagai olah raga yang dibangun tidak hanya sebatas kemampuan perorangan, melainkan mengandalkan kebersamaan. Bahasa gaulnya, "jangan sok mau menang sendiri".  

Pakem etis itulah yang dipercaya dan dipegang oleh Ancelotti manakala membesut Real Madrid. Hasilnya? Di laga pra-musim jelang kompetisi 2013/2014, "Los Blancos" melibas Bournemouth, 6-0 di Goldsands Stadium, Senin.

Laga ini merupakan debut bagi Ancelotti. Ada kegembiraan terpancar dari Carletto setelah menyaksikan penampilan Cristiano Ronaldo cs, sebagaimana dikutip dari situs Marca.com.

Cristiano Ronaldo ciamik menyumbangkan dua gol, masing-masing dicetak pada menit ke-21 dan 41, menyusul gol yang dilesakkan Sami Khedira (44), Gonzalo Higuain (46), Angel Di maria (68) dan digenapkan oleh Casemiro (84).

"Saya berpendapat bahwa laga perdana ini berlangsung baik dan saya senang dengan penampilan para pemain. Yang penting, kami harus terus meningkatkan banyak hal, meski kami hanya punya waktu sepekan saja," katanya.

"Saya memfokuskan diri kepada sejumlah hal yang berkaitan dengan keberimbangan dan kebersamaan dalam tim. Kami harus kuat dalam menyerang, tanpa mengabaikan organisasi pertahanan," kata Ancelotti.

Carletto juga mengomentari penampilan Cristiano Ronaldo. Ia cenderung lebih menekankan penampilan kolektif dalam tim.

"Ia (Ronaldo) telah menunjukkan bahwa ia pemain penting, bukan hanya untuk diri sendiri, melainkan untuk tim. Setiap orang mengetahui dia."

"Yang teramat penting bahwa kami punya sejumlah pemain bertalenta dan kami mampu tampil baik dalam kebersamaan. Ini penting dalam sebuah tim yang ingin sama-sama bekerja keras. Pendapat saya, kami punya sebuah tim yang sarat talenta, punya karakter dan kepribadian," kata Ancelotti. 

Pewarta: AA Ariwibowo
Editor: AA Ariwibowo
COPYRIGHT © ANTARA 2013